Pj Gubernur Sumut: Media Center PON 2024 Lebih Baik Olimpiade Paris

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional alias PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara tengah mendapat sorotan tajam. Beberapa akomodasi pertandingan viral lantaran ada nan belum siap. Namun ada juga akomodasi PON 2024 nan menuai pujian ialah media center nan dibuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Media Center Kominfo pada gelaran Pekan Olahraga Nasional 2024 dianggap sebagai terbaik sepanjang sejarah PON. Media Center nan ada di dua kota, Banda Aceh dan Medan, itu apalagi dianggap lebih baik dari Olimpiade 2024 Paris.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Prabunindya Revta Revolusi mengapresiasi penilaian sejumlah pihak atas media center PON 2024 ini.

Dirjen IKP menegaskan, support media center merupakan komitmen Kementerian Kominfo dalam menyukseskan event olahraga terbesar di tanah air, dengan memberikan jasa tata kelola info dan komunikasi terbaik.

"Ini adalah corak komitmen kami untuk turut menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024, seperti halnya nan telah kami lakukan pada gelaran PON sebelumnya termasuk beragam event nasional dan internasional lainnya," kata Prabunindya seperti dinukil dari Infopublik.id, Minggu (15/9/2024).

Penyediaan akomodasi media center dikatakan Dirjen IKP berfokus pada kemudahan akses info serta kenyamanan bagi para wartawan nan melakukan peliputan.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Memudahkan Akses Jurnalis Peliput PON 2024

Kementerian Kominfo menyediakan media center dengan standar nan sama di dua letak utama, ialah di Banda Aceh dan Medan. Bersama media center satelit nan juga didukung oleh Kementerian Kominfo, media center utama ini menjadi pusat info dan komunikasi aktivitas PON XXI 2024. Keduanya dilengkapi dengan akomodasi nan mumpuni, jaringan internet cepat, dan area kerja nan nyaman untuk para wartawan nan meliput.

"Kami memastikan bahwa wartawan dapat dengan mudah mengakses info dan menghasilkan konten nan relevan secara sigap dan akurat. Ini adalah salah satu prioritas utama kami," ujar Dirjen IKP.

Keberadaan media center, katanya, bukan hanya para wartawan nan diuntungkan, tetapi juga masyarakat nan dapat dengan mudah mengakses info terkini mengenai penyelenggaraan PON XXI. Fasilitas nan tersedia di media center, seperti ruang konvensi pers, area kerja nan luas, hingga support teknis lainnya, membikin proses peliputan menjadi lebih lancar dan efisien.

"Kami mau memastikan bahwa selama gelaran PON XXI, akses info melangkah cepat, akurat, dan tanpa hambatan. Semua ini untuk mendukung keberhasilan PON XXI dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh buletin terbaru mengenai event ini," ujar Prabunindya Revolusi.

Pujian dari Menpora

Apresiasi terhadap media center Kominfo sebelumnya datang dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, nan mengaku sangat terkesan dengan akomodasi dan support nan diberikan. "Media Centernya keren banget. Luar biasa," ujar Menpora Dito dalam salah satu kunjungannya ke Media Center PON XXI di Medan.

Baginya, peran media center sangat krusial dalam menjaga arus info nan lancar dan terpercaya selama berlangsungnya event olahraga terbesar di Indonesia ini.

Senada dengan Menpora, Pj. Gubernur Sumatra Utara, Agus Fatoni, juga menyampaikan pujian nan sama. Bahkan, Fatoni menyamakan Media Center PON XXI dengan media center di event olahraga internasional seperti Olimpiade.

"Media center nan ada saat ini adalah nan terbaik sepanjang sejarah PON, apalagi lebih baik dari media center Olimpiade. Banyak wartawan senior bersaksi tentang perihal ini," ungkap Fatoni.

Dukungan Kementerian Kominfo terhadap PON XXI tidak terbatas pada penyediaan media center saja. Kominfo juga berkedudukan dalam mendistribusikan info secara luas melalui beragam platform digital. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa buletin dan info mengenai PON XXI dapat diakses oleh masyarakat di seluruh Indonesia, terutama di era di mana info digital memainkan peran nan sangat penting.

"Kami berkomitmen untuk mendukung setiap event nasional dan internasional nan diselenggarakan di Indonesia, termasuk PON XXI ini. Media center nan kami bangun bukan hanya untuk para jurnalis, tetapi juga sebagai corak support kami dalam menyebarluaskan info secara jeli dan sigap kepada seluruh masyarakat," lanjut Prabunindya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga