Piala Presiden 2024 Kembali Bergulir, Panitia Bongkar Kriteria Pemilihan 8 Peserta dan Pembagian Grup

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Turnamen pramusim bergengsi Tanah Air, Piala Presiden 2024, segera bergulir mulai 19 Juli mendatang. Total 8 klub Liga 1 bakal berperan-serta dalam arena nan digelar di 3 kota Indonesia, ialah Bandung, Bali, dan Solo.

Sebanyak 4 peserta tergabung dalam Grup A, terdiri atas Persib Bandung, Borneo FC, PSM Makassar, dan Persis Solo. Sementara Grup B dihuni Arema FC, Persija Jakarta, Madura United, dan Bali United.

Ferry Paulus selaku Anggota Steering Committee Piala Presiden 2024 mengungkap argumen di kembali partispasi klub serta pembagian grup dalam arena jenis ini. Menurutnya, ada beberapa kriteria nan jadi pertimbangan, mulai dari tim langganan, tuan rumah, hingga peserta Piala Asia.

"Pertama, ada 3 klub nan selalu ikut berpartisipasi. Karena ini judulnya Piala Presiden, maka klub itu kudu berpartisipasi. Ada Persib Bandung, Persija Jakarta, dan Arema sang juara bertahan," papar Ferry Paulus dalam konvensi pers di SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Senin (15/7/2024).

"Kemudian kita juga memilih 3 tuan rumah, ada Persib Bandung, Persis Solo, dan Bali United. Nah ada 4 klub lagi nan berpartisipasi, memilihnya dengan mengambil kontestan dari Piala Asia, ialah Madura United, Persib Bandung juga, PSM Makassar, dan nan terakhir Borneo. Jadi itu sudah 8 (peserta)," tambahnya.

Berita video tiktok, ribuan laskar Sambernyawa kompak nyanyiin anthem Persis Solo di pembukaan Piala Presiden 2022

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Mekanisme Pembagian Grup Piala

Sementara itu mengenai pembagian grup, Ferry Paulus mengeklaim perihal itu ditentukan berasas seeded. Pertimbangan rivalitas juga jadi aspek nan membikin Persib Bandung dan Persija Jakarta tak tergabung dalam satu grup nan sama.

"Pembagian grup tentunya berasas seeded. Tuan rumah nan ada di Bandung tentunya adalah Persib Bandung, kemudian nan di Bali. Kita tentukan berasas seeded nan ada," beber Ferry.

"Lalu nan tidak kalah krusial adalah memang resistensi dari rivalitas. Jadi rivalitas itu jangan berjumpa di awal-awal. Sehingga nomor satu antara Persib dan Persija kita pisahkan. Kemungkinan seeded lain berasas ranking dari masing-masing tim di kejuaraan regular series musim lalu," tambahnya.

Perebutkan Total Hadiah Rp5 Miliar

Meski berjudul turnamen pramusim, Piala Presiden 2024 dihujani bingkisan berbobot fantastis. Ketua Steering Committee Maruarar Sirait mengungkap pihaknya sudah menyiapkan total bingkisan senilai Rp5 miliar.

Tak sampai di situ, nilai match fee juga tergolong mengejutkan, dengan klub pemenang diganjar penghasilan Rp350 juta, tim seri mendapat Rp250 juta, sementara tim kalah diberi bayaran Rp150 juta.

"Saya rasa belum ada turnamen sepak bola nan dapat bingkisan 5 miliar hanya dalam 2 minggu. Liga dimainkan satu tahun, hadiahnya 2,5 miliar," ucap Maruarar Sirait dalam konvensi pers di SCTV Tower, Senayan, Jakarta pada Senin (15/7/2024).

"Match fee itu ada. nan menang 350 (juta), nan kalah 150 (juta), nan seri 250 (juta)," katanya lagi kepada awak media selepas konvensi pers.

Pembagian Grup Piala Presiden 2024

Grup A

Persib Bandung

Borneo FC

PSM Makassar

Persis Solo

Grup B

Arema FC

Persija Jakarta

Madura United

Bali United

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga