Piala Presiden 2024 Bergulir Mulai 19 Juli, Nilai Sponsor Tembus Rp68 Miliar

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Piala Presiden 2024 bergulir mulai 19 Juli 2024. Sebanyak 8 tim Liga 1 bersaing memperebutkan total bingkisan senilai Rp5 miliar, dengan Emtek Grup kembali dipilih sebagai official brodcaster. 

Dalam jenis perdana, Persib Bandung mencatatkan sejarah dengan keluar sebagai juara. Arema FC jadi klub nan paling giat menyabet titel kampiun lantaran tiga kali menang dalam Piala Presiden pada 2017, 2019, dan 2022. 

Sementara itu, Persija Jakarta menyelinap di tengah rekor mentereng Singo Edan untuk tampil sebagai pemenang Piala Presiden 2018. Adapun jenis ini bakal menandai kali keenam penyelenggaraan arena dengan total bingkisan terbesar dibanding jenis sebelumnya. 

Menariknya, besaran bingkisan nan diberikan dalam gelaran Piala Presiden 2024 murni tak menggunakan biaya APBN, APBD, dan BUMN. 

Ketua Steering Committee (SC) Maruarar Sirait mengeklaim seluruh pendanaan nan digunakan selama arena murni berasal dari sponsor swasta. 

Semula, panitia penyelenggara telah mengantongi biaya Rp48 miliar hingga konvensi pers peluncuran Piala Presiden digelar di SCTV Tower pada Senin (15/7/2024). 

Namun, berita terkini di hari pembukaan mengungkap komite kejuaraan mendapat peningkatan signifikan hingga mencapai Rp20 miliar.

Berita Video, besaran bingkisan dan match fee nan bakal didapatkan para peserta Piala Presiden 2024

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pernyataan Ketua SC Piala Presiden soal Nilai Sponsor

"Saya jelaskan, duit masuk sampai saat ini luar biasa ya. Tiga hari nan lalu, (dana sponsor Piala Presiden) 48 miliar, dan dalam tiga hari ini sudah dapat peningkatan nan cukup signifikan," ucap Maruarar Sirait saat ditemui awak media di depan area VIP Stadion Si Jalak Harupat jelang pembukaan Piala Presiden 2024, Jumat (19/7/2024). 

"(Ini terjadi) lantaran kepercayaan dari sponsor, rating tinggi, diaudit sama PWC, dan tidak menggunakan duit negara, APBN, BUMN, dan ABPD. Saya rasa industri kudu begitu. Kalau semakin transparan dia makin bermanfaat," tambahnya.

Rincian Sumber Sponsor Piala Presiden

Secara spesifik, Maruarar Sirait menjelaskan biaya sponsor Piala Presiden 2024 saat ini menyentuh nomor Rp68 miliar. Besaran itu didapat berkah adanya support dari setidaknya 6 perusahaan. 

"(Uang nan masuk) 68 miliar dari 6 perusahaan. Bayangkan 68 miliar, dan ini naik 20 miliar dalam waktu tiga hari. Kita bakal kasih kejutan pas sambutan. Kita kudu apresiasi, klub-klub. nan jadi juaranya juga, semoga makin dihargai," kata Maruarar lagi.

Dihadiri Presiden Jokowi

Sekadar informasi, pembukaan Piala Presiden 2024 di Stadion Si Jalak Harupat bakal dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Sosok nomor 1 Tanah Air juga diharapkan bakal muncul ketika kejuaraan ditutup di Solo pada 4 Agustus mendatang. 

"Yang pasti di aktivitas Piala Presiden, Pak Presiden Jokowi bersedia untuk hadir. Kita berterima kasih beliau mau datang hari ini," ucap Maruarar. 

"Saya juga berambisi semoga beliu bisa datang saat final di Solo tanggal 4 Agustus," tandasnya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga