Piala Menpora 2024 Jadi Ajang Pencarian Talenta untuk Asian Youth Games 2025 dan Youth Olympic Games 2026

Sedang Trending 2 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo senang kejuaraan Piala Menpora 2024 berjalan dengan sukses. Menurut Dito, Kejuaraan Piala Menpora 2024 merupakan arena menjaring bibit-bibit atlet nasional menuju Asian Youth Games 2025 serta Youth Olympic Games 2026 mendatang.

Seperti diketahui, kejuaraan Piala Menpora 2024 telah berjalan sejak bulan Juli hingga Oktober 2024 dengan mempertandingkan tiga bagian olahraga ialah Basket 3x3 U-16, Bulutangkis U-16 dan Futsal U-18.

"Jadi, ini adalah puncaknya, dari kejuaraan ini kita mencari bibit-bibit muda untuk jangka pendeknya ialah bisa memperkuat di Youth Olympic Games 2026 dan Asian Youth Games 2025," kata Menpora Dito kepada media pada penutupan Menpora Fest dan Kejuaraan Piala Menpora 2024 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Sabtu (19/10) malam.

"Dari kejuaraan ini kita bakal jadikan momentum untuk talent scouting secara langsung dan mereka nan menang nantinya bakal dikirim ke kejuaraan-kejuaraan regional nan lebih tinggi," sambung Menpora Dito.

Kedepannya, Dito berambisi bakal semakin banyak bagian olahraga nan di pertandingan tak hanya tiga saja seperti jenis tahun ini.

"Jadi ini sebenarnya sudah menjadi suatu keharusan Kemenpora melakukan perihal ini. Untuk tahun-tahun kedepan kita berambisi kelak tidak hanya tiga bagian olahraga, tapi lebih banyak sesuai dengan apa nan kita butuhkan dalam meraih Youth Olympic Games," harapnya.

"Kedepan kita bakal bekerja-sama juga dengan beragam stakeholder dari pihak swasta dan federasi agar dalam penyelenggaraannya lebih baik lagi," imbuh Menpora Dito.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga