Pesepeda Indonesia Bambang Anggoro Jati Sukses Taklukkan Ultra-Cycling Paling Menantang di Dunia

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Di tengah gegap gempita penyelenggaraan Olimpiade 2024, ada pesepeda Indonesia nan menorehkan prestasi luar biasa. Pesepeda ultra Bambang Anggoro Jati, resmi mencatatkan diri menjadi orang Indonesia pertama nan sukses melintasi garis finis The Transcontinental Race No. 10 di Istanbul, Turki pada hari Senin (5/8/2024) nan lalu.

Sebagai salah satu event ultra-cycling paling menantang di dunia, setiap peserta even tahunan ini ditantang untuk mengayuh sepeda setidaknya 4000 km serta menaklukan tanjakan dengan elevasi lebih dari 50.000 mdpl tanpa support dari siapapun, termasuk dari peserta lain.

Pada jenis tahun ini peserta menjalani start di kota Roubaix, Prancis dan finis di kota Istanbul, Turki. Setiap peserta diberi kebebasan untuk merencanakan rutenya sendiri, namun diwajibkan untuk mengunjungi 4 titik check point nan ditentukan di Slovenia, Bosnia, Kosovo dan Turki.

Pada keikutsertaan perdananya ini, laki-laki nan dijuluki Bembenx ini sukses menyelesaikan lomba dalam waktu 14 hari 15 jam 10 menit, serta menempati posisi ke-77. Event ini diikuti total 326 peserta. Tapi hanya 137 nan sukses mencapai garis finis.

Dalam unggahannya di media sosial, Bambang berterima kasih dapat menuntaskan petualangannya selama lebih dari 2 minggu melintasi benua Eropa, walapun ada banyak tantangan dan rintangan nan kudu dia hadapi di sepanjang perjalanan.

“Dalam perjalanan saya terjatuh dari sepeda 2 kali lantaran ngantuk dan jalan nan tidak mulus. Sempat alami ban bocor 2 kali, rantai putus lantaran panik dikejar anjing, juga sempat sakit dan muntah-muntah lantaran telat dan salah makan, sehingga badan lemas dan perlu rehat cukup lama di Bosnia bagian selatan sebelum parcours 3,” jelas Bambang.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga