Perenang Indonesia Benhart Hutabarat Sukses Taklukkan Danau Worthersee di Austria Sepanjang 34 km

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Perenang Indonesia Benhart Hutabarat kembali menorehkan prestasi memnbanggakan. Dia sukses menjadi perenang Indonesia pertama nan menyelesaikan tantangan renang perairan terbuka sejauh 34 km di Danau Worthersee - Austria pada 8 September 2024 lalu. Benhart berenang selama nyaris 12 jam pada kejuaraan renang tersebut.

Keberhasilan ini melanjutkan misinya untuk memperkenalkan Renang Perairan Terbuka kepada semakin banyak orang dari beragam usia, agar olahraga ini lebih mudah dilakukan dan suatu saat bisa mencetak banyak perenang-perenang baik nan bisa membawa kebanggaan bagi Indonesia sebagai negara nan mempunyai banyak laut nan bagus dan bisa direnangi dengan aman, serta memperkenalkan besarnya potensi Indonesia untuk menjadi salah satu tujuan olahraga Renang Perairan Terbuka.

"Tidak mudah untuk bisa terpilih sebagai perenang untuk kategori jarak tempuh 34 km pada kejuaraan ini. Sebagai calon peserta, seorang perenang kudu terlebih dulu meyakinkan Panitia dengan menyampaikan secara tertulis daftar pencapaiannya selama menjadi perenang marathon ataupun ultra marathon beserta dengan hasil pemeriksaan medis nan baik, sebelum bisa dinyatakan lolos seleksi," papar Docben, sapaan berkawan Benhart.

Pada perhelatan tahun ini hanya delapan perenang nan dinyatakan sebagai peserta nan berkuasa mengikuti kategori renang ultra marathon 34 km. Docben bisa menaklukkan tantangan ini lantaran persiapan nan sangat matang.

"Persiapan dilakukan selama 17 minggu didukung oleh 7 orang pembimbing renang sangat berilmu nan dipimpin oleh Coach Deni Wardeni sebagai pembimbing utama, dengan ragam program latihan renang harian berjarak tempuh total sejauh 467 km, dengan jarak terjauh sekali latihan pada minggu puncak adalah 20 km," sambung Docben.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga