Pendaftaran CPNS Diperpanjang hingga 10 September

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Sabtu, 07 Sep 2024 09:40 WIB

Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) resmi diperpanjang hingga 10 September 2024 pukul 23.59 WIB. Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) resmi diperpanjang hingga 10 September 2024 pukul 23.59 WIB. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) resmi diperpanjang hingga 10 September 2024 pukul 23.59 WIB. Pendaftaran diperpanjang sekitar empat hari setelah awalnya dijadwalkan berhujung pada 6 September.

Salah satu aspek utama penyesuaian agenda tersebut adalah hambatan teknis, seperti pembelian dan pemanfaatan meterai elektronik alias e-meterai nan mengalami gangguan sehingga menghalang proses penyelesaian pendaftaran di portal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pelamar diminta untuk memanfaatkan kesempatan waktu perpanjangan pendaftaran ini dengan maksimal," tulis Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun IG resmi @bkngoidofficial, Kamis (5/9).

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen pun mengimbau para pelamar agar tidak mendaftar saat mendekati pemisah akhir waktu meski sudah diperpanjang.

Ia mengatakan imbauan itu demi kelancaran proses pendaftaran. Menurutnya, kecenderungan pelamar nan mendaftar dengan sistem kebut semalam dapat menghalang mereka menyelesaikan proses pendaftaran.

[Gambas:Video CNN]

"Pelamar diminta untuk memanfaatkan kesempatan waktu perpanjangan pendaftaran ini dengan maksimal," ujar dia dalam keterangan resmi, Jumat (5/9).

Suharmen menyadari hambatan pembelian e-meterai oleh masyarakat di seluruh platform Peruri tidak dapat dibebankan kepada para calon pelamar.

Oleh karena itu, Panselnas mengambil kebijakan dengan memberikan tambahan waktu pendaftaran selama empat hari sampai 10 September nanti.

Selain itu, optimasi pengisian susunan CPNS juga menjadi pertimbangan dilakukannya penyesuaian agenda pendaftaran, di mana tahun ini tersedia alokasi 250.407 susunan bagi 69 lembaga pusat dan 478 lembaga daerah.

"Pemerintah lewat Panselnas mau memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat berkompetisi pada perhelatan CPNS tahun ini," imbuhnya.

Terhitung hingga Jumat (6/9) pukul 08.00 WIB, jumlah pendaftar CPNS telah mencapai 2.922.336, di mana jumlah submit/resume alias mengakhiri pendaftaran mencapai 1.011.148 pelamar.

(ldy/chri)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com