Pencuri Bantal Canggih Kereta Cepat Whoosh Terdeteksi Lewat 44 CCTV

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Sabtu, 27 Jul 2024 19:00 WIB

KCIC sudah mengantongi info pelaku nan 'mencuri' bantal canggih di kereta kelas premium ekonomi di Kereta Cepat Whoosh berdasar pantuan 44 CCTV. KCIC sudah mengantongi info pelaku nan 'mencuri' bantal canggih di kereta kelas premium ekonomi di Kereta Cepat Whoosh berdasar pantuan 44 CCTV. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah).

Jakarta, CNN Indonesia --

PT KCIC sudah mengantongi info pelaku nan 'mencuri' bantal pada sandaran bangku kereta kelas premium ekonomi di Kereta Cepat Whoosh. Data diperoleh melalui pantuan 44 CCTV yang ada di dalam kereta.

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan hilangnya bantal sandaran bangku di kereta Whoosh sudah terjadi sebanyak 6 kali dari pertama kali diluncurkan hingga Juli 2024.

"Keseluruhan kasus tersebut dapat ditelusuri melalui 44 CCTV nan tersedia pada setiap rangkaian kereta," ujar Eva dalam keterangan, Sabtu (27/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan hasil penelusuran CCTV, modusnya berbeda. Ada oknum penumpang nan memang sengaja melepas bantal dari sandaran bangku dan ada juga nan diduga nan dengan sengaja mengambil bantal tersebut.

"KCIC menegaskan bahwa akomodasi bantal nan disediakan di setiap bangku kereta Whoosh bermaksud untuk meningkatkan kenyamanan penumpang selama perjalanan sehingga tindakan sejumlah oknum penumpang nan membuka dan melepas akomodasi bantal dari bangku kereta membawa sejumlah akibat negatif perlu menjadi perhatian bersama," jelasnya.

Kejadian hilangnya bantal sandaran bangku kereta terjadi pada Whoosh nomor G1247 rute Halim-Tegalluar keberangkatan 11 Juli 2024. Saat berakhir di stasiun akhir, petugas pelayanan di atas kereta melakukan pemeriksaan kebersihan dan peralatan nan tertinggal dan mendapati 1 buah bangku premium Economy di kereta nomor 6 tidak dilengkapi bantal kepala.

"KCIC langsung menindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan CCTV dan penelusuran info penumpang. Saat ini info penumpang sudah didapatkan dan bakal ditindaklanjuti sesuai prosedur nan berlaku," terangnya Eva.

KCIC mengimbau kepada seluruh penumpang agar mengikuti patokan dan tidak merusak akomodasi publik seperti melepas bantal pada sandaran bangku kereta. Seluruh tindakan pengrusakan akomodasi pada kereta Whoosh dapat dipastikan bakal terpantau melalui CCTV.

"Saat ini seluruh area Stasiun, rangkaian kereta dan jalur trase telah dilengkapi CCTV. Secara total terdapat 1.390 CCTV nan terpasang dalam kondisi baik serta terpantau secara khusus," pungkas Eva.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com