Pemerintah Segera Umumkan Kebijakan Tarif Listrik Terbaru Juli 2024

Sedang Trending 2 hari yang lalu

CNN Indonesia

Rabu, 26 Jun 2024 05:50 WIB

Kementerian ESDM bakal mengumumkan kebijakan tarif listrik nonsubsidi terbaru pada Juli 2024 mendatang. Kementerian ESDM bakal mengumumkan kebijakan tarif listrik nonsubsidi terbaru pada Juli 2024 mendatang. (Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal mengumumkan kebijakan tarif listrik nonsubsidi terbaru pada Juli 2024 mendatang.

Penyesuaian tarif listrik PLN memang dilakukan setiap tiga bulan sekali. Saat ini, tarif nan bertindak tetap sama seperti pada periode April-Juni 2024.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu mengatakan penyesuaian tarif listrik bulan depan tetap dibahas. Ia pun berjanji bakal mengumumkannya segara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Masih dibahas, saatnya ada konvensi pers. Ditunggu saja. Segera," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Selasa (25/6).

Tahun depan, pemerintah berencana meningkatkan tarif listrik orang kaya alias nonsubsidi. Tariff adjustment untuk golongan orang kaya itu dimuat dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

Dalam KEM PPKF, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan tarif listrik (TDL) untuk pengguna 3.500 VA ke atas dan golongan pemerintah perlu dinaikkan. Hal ini sebagai upaya transformasi subsidi dan kompensasi daya untuk APBN nan lebih baik.

Dalam arsip tersebut menyatakan pengguna listrik dengan daya 3.500 VA ke atas merupakan masyarakat berpenghasilan menengah ke atas.

"Memberikan kompensasi kepada golongan tarif ini sangat bertentangan dalam dengan prinsip pengedaran APBN, sehingga sudah sewajarnya tarif untuk golongan pengguna ini dapat disesuaikan," kata Kemenkeu.

Menurut Kemenkeu, kebijakan penyesuaian tarif untuk pengguna rumah tangga 3.500 VA ke atas dan golongan pemerintah ini relatif mudah diimplementasikan. Hal ini sebagaimana telah dilakukan di 2022 dengan akibat sosial dan ekonomi nan mini dan terkendali.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com