Mentan Ajak Vietnam Investasi Peternakan Sapi Perah di RI

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 26 Jul 2024 22:10 WIB

Menteri Pertanian (mentan) Amran Sulaiman membujuk Vietnam berinvestasi peternakan sapi perah di Indonesia. Menteri Pertanian (mentan) Amran Sulaiman membujuk Vietnam berinvestasi peternakan sapi perah di Indonesia. ( CNN Indonesia/Khaira Ummah).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pertanian (mentan) Amran Sulaiman mengajak Vietnam berinvestasi peternakan sapi perah di Indonesia.

Amran mengatakan Indonesia dan Vietnam telah mempunyai MoU kerjasama bagian pertanian nan telah ditandatangani pada 19 Mei lalu. Salah satu konsentrasi utama dari MoU ini adalah promosi investasi dan perdagangan di sektor pertanian antara kedua negara.

"Saya meyakini bahwa pemerintah kedua negara bakal mendorong dan memfasilitasi kerjasama investasi dan perdagangan Indonesia - Vietnam," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (25/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kerja sama itu juga ditandai dengan bertemunya Amran dengan Wakil Menteri Pertanian Vietnam Phung Dec Tien dan sejumlah pengusaha negara tersebut.

Amran mengatakan pemerintah sedang berupaya meningkatkan produksi dan produktivitas ternak sapi, agar nantinya dapat memenuhi kebutuhan pangan untuk program pemerintahan selanjutnya, termasuk Makan Bergizi Gratis.

"Kami bekerja secara intensif untuk meningkatkan produksi daging sapi dan susu domestik melalui pengembangan industri perbibitan sapi dan meningkatkan kapabilitas peternak," katanya.

Amran pun mengatakan Indonesia bercita-cita menjadi pemasok pangan dunia pada 2033. Karenanya, peningkatan produksi pangan menjadi sangat penting. Dengan begitu impor pangan nan sempat meningkat lantaran kejadian El Nino bisa ditekan.

Sementara itu, Phung Dec Tien mengapresiasi perhatian besar pemerintah Indonesia terhadap sektor pertanian, termasuk dalam upaya menyediakan kebutuhan susu dari dalam negeri.

Menurutnya, pengembangan peternakan sapi perah di Vietnam juga sempat dihadapkan banyak tantangan di masa lalu. Namun dengan pengembangan industri perbibitan dan penggunaan teknologi nan tepat, pengembangan peternakan sapi perah Vietnam bisa berkembang dengan baik.

Ia pun optimis kerja sama antara Indonesia dan Vietnam di peternakan sapi perah bakal berakibat positif pada produksi dan konsumsi susu di Indonesia.

"Susu sangat baik bagi nutrisi anak-anak sehingga bentuk mereka pun bakal bisa berkembang dengan baik," tutur Phung Dec.

[Gambas:Video CNN]

(fby/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com