Menpora Beberkan Alasan Pawai Atlet Olimpiade 2024 Berlangsung di Hari Kerja

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat mengenai pawai atlet Olimpiade 2024 Paris nan berjalan Kamis (15/8/2024) alias pada hari kerja.

"Saya minta maaf kepada masyarakat lantaran banyak komentar kenapa tidak diadakan di Sabtu alias Minggu," kata Menpora Dito pada keterangan di situs Kemenpora.

Menpora Dito menjelaskan argumen pihaknya tidak menggelar pawai saat hari libur. Sebab, para atlet kudu menjalani latihan rutin guna bersiap untuk menyambut sejumlah arena pertandingan lainnya.

"Atlet baru saja tiba dari Paris dua malam lalu. Alhamdulillah Pak Presiden (Joko Widodo) langsung bisa menerima agar atlet bisa segera kembali berlatih dan ikut kejuaraan lainnya," sebut Menpora Dito.

Dalam iring-iringan ini, tampak sejumlah atlet Olimpiade Paris nan datang diantaranya Veddriq Leonardo, Rizki Juniansyah, serta Gregoria Mariska Tunjung.

Kemudian ada Desak Made Rita Kusuma Dewi, Rajiah Salsabilah, Rahmad Adi Mulyono, Fathur Gustafian, dan Rifda Irfanaluthfi.

Mereka didampingi Chef de Mission Tim Indonesia di Olimpiade Paris Anindya Bakrie, Ketua Umum FPTI Yenny Wahid, Ketua Umum Persani Ita Yuliati, hingga Ketua Umum PBSI Fadil Imran.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Rute Pawai Atlet Olimpiade 2024

Pawai dimulai sekitar pukul 07.40 WIB dari instansi Kemenpora di Jalan Gerbang Pemuda, Senayan. Rombongan menggunakan bus dengan genting terbuka menuju Jalan Jenderal Sudirman lampau ke Bundaran Hotel Indonesia.

Mereka menyusuri Jalan MH Thamrin. Kemudian finis di Istana Negara seterusnya memenuhi undangan Presiden Joko Widodo.

Kendati dilakukan saat hari kerja, pawai atlet Olimpiade 2024 Paris berjalan dengan lancar. Para atlet kebanggaaan Indonesia tampak semringah, serta bangga mendapatkan apresiasi besar dari pemerintah dan masyarakat.

Veddriq Leonardo dan kawan-kawan juga terlihat menyapa masyarakat nan telah menanti dipinggir jalan. Di beberapa momen, Veddriq, Rizki dan Gregoria melambaikan tangan dan sesekali memperlihatkan lencana mereka.

Peraih Medali Olimpiade 2024 Terima Bonus

Di Istana Negara, Presiden Joko Widodo kemudian memberi bingkisan untuk atlet nan meraih medali. Hadiah sebesar Rp6 miliar ditujukan kepada peraih lencana emas (Veddriq Leonardo dan Rizki Juniansyah), dengan Rp1,65 miliar diberikan untuk perebut perunggu (Gregoria Mariska Tunjung).

Selain para atlet, Presiden juga memberi bingkisan senilai total Rp2,75 miliar untuk para pembimbing nan atletnya mendapat lencana emas, dan untuk pembimbing nan atletnya mendapatkan lencana perunggu bakal mendapatkan duit bingkisan Rp675 juta.

Selain kepada peraih medali, Presiden Jokowi juga memberikan bingkisan kepada atlet Indonesia nan mengikuti Olimpiade 2024 Paris. "Rp250 juta untuk atlet nan tidak mendapatkan lencana sebagai sebuah apresiasi dari pemerintah," kata Presiden Jokowi.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga