Menkes Mau Datangkan Dokter Asing, Tiru Naturalisasi ala Timnas Bola

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan kehadiran tenaga kesehatan (nakes) asing bisa membikin Indonesia naik kelas, seperti nan terjadi di Timnas Sepakbola Indonesia.

Budi menggunakan afinitas pemain naturalisasi nan datang di Timnas Indonesia sehingga penampilan skuad menjadi lebih moncer. Terlebih, Indonesia juga menunjuk pembimbing asing Shin Tae-yong dari Korea Selatan untuk menakhodai skuad Garuda.

"Untungnya orang Indonesia tidak ada nan melarang pembimbing bola tidak boleh asing. Kalau kita ada Undang-undang pembimbing bola asing kudu belajar dulu 5 tahun di Indonesia untuk bisa jadi pelatih, gak bakal (timnas) Indonesia menang. Ini bagus buat kita (di sektor kesehatan) introspeksi," tuturnya dalam Forum Komunikasi Nasional Tenaga Kesehatan di Jakarta, Selasa (21/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya percaya nih masuknya pembimbing Korea Selatan (Shin Tae-yong) dan pemain naturalisasi, banyak pemain-pemain bola Indonesia original bakal jauh lebih dahsyat dan pandai dibandingkan sebelumnya. Tapi jika semua pemain bola Indonesia gak boleh ada naturalisasi, bakal menghilangkan kesempatan pemain bola kita maju. Itu nan membikin pemain bola kita tidak bakal maju," imbuh Budi.

Ia menegaskan nan terjadi di Timnas Indonesia juga bisa diterapkan dalam urusan tenaga kesehatan di Tanah Air. Budi menyebut adanya kejuaraan membikin nakes lokal bakal lebih baik.

Kehadiran master asing di Indonesia memang sempat menjadi perdebatan beberapa waktu lalu. Akan tetapi, Budi menekankan ini merupakan langkah nan tepat untuk menyelesaikan masalah kesehatan di Indonesia.

"Jadi, bapak, ibu kelak jika ada master asing masuk, kepala utama rumah sakit bule masuk, tolong dilihat itu bukan bakal menghabiskan alias menutup lapangan kerja. Itu untuk menjawab rumor esensial bahwa kita kudu meningkatkan kualitas tenaga kesehatan kita," pesan Budi.

"Nanti jika bentar lagi ada (dokter asing) nan masuk, bapak, ibu jangan marah, jangan nyebarin (isu) di WA grup. Bapak, ibu bilang, 'ayo kita buktikan kesempatan ini untuk mengangkat putra-putri tenaga kesehatan Indonesia untuk lebih baik ke depannya," tutupnya.

Sebelumnya, muncul kegaduhan mengenai UU Kesehatan. Beleid tersebut dituding menjadi kesempatan liberalisasi dan membuka pelayanan kesehatan nasional kepada pasar bebas.

Salah satu nan dipermasalahkan adalah kehadiran master asing. Namun, Menkes Budi menegaskan master asing nan bisa masuk ke Indonesia bakal dibatasi 2 tahun dan hanya bisa diperpanjang sekali dengan maksimal menetap 4 tahun di Tanah Air.

[Gambas:Video CNN]

(skt/pta)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com