Menhub Klaim Perkembangan Pembangunan Bandara IKN Masih Sesuai Target

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

CNN Indonesia

Senin, 09 Sep 2024 08:50 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut perkembangan pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) mengalami perkembangan signifikan. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut perkembangan pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) mengalami perkembangan signifikan. (ANTARA/HO-Humas Kemenhub).

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek progres pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Minggu (8/9). Sejumlah perkembangan nan cukup signifikan telah tercapai dalam pembangunan airport ini.

"Pembangunan runway per hari ini telah mencapai 1.975 meter. Ini tetap sesuai sasaran kita. Dalam waktu dekat ini bakal rampung hingga 2.200 meter," jelas Budi dalam pernyataan nan dikeluarkan di Jakarta, Minggu (8/9).

Pada akhir Agustus lalu, runway tetap baru mempunyai panjang 1.025 meter. Pembangunan terus berjalan sigap meski kondisi cuaca terkadang gerimis dan hujan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain runway, sejumlah perkembangan pada area airport telah terlihat. Di antaranya; terminal VVIP nan pembangunannya telah mencapai 90,16 persen.

Perkembangan ini naik dibanding bulan lampau nan tetap 82,6 persen. Sedangkan untuk terminal VIP telah rampung 77,06 persen.

Untuk akomodasi penunjang, tower ATC per hari ini telah terbangun 53,71 persen, gedung manajemen dan operasional sudah terbangun 61,03 persen, dan Gedung PKP-PK sudah rampung 68,71 persen.

"Hingga saat ini pembangunannya melangkah baik. Kendala tetap pada kondisi cuaca nan tidak menentu dan agak melambatkan pekerjaan. Tapi, semua tetap on track," kata Budi.

Adapun untuk jalan penunjang akses airport saat ini sudah terbangun di atas 50 persen. Jalan akses utama telah siap 98,53 persen, jalan perimeter barat terbangun 66,96 persen, dan jalan perimeter timur sudah rampung 50,44 persen. Seluruh jalan ini nantinya nan bakal menunjang akses dari dan menuju bandara.

Secara keseluruhan, progres pengerjaan airport telah mencapai 74,79 persen dengan waktu pengerjaan 273 hari. Budi optimis airport bakal selesai dibangun secara keseluruhan sesuai sasaran waktu, ialah pada 31 Desember 2024.

[Gambas:Video CNN]

(agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com