Masyarakat Puas dengan Prestasi Sepak Bola dan Setuju Naturalisasi, Menpora: Berkat Semua Pihak

Sedang Trending 3 hari yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Masyarakat Indonesia puas dengan kemajuan prestasi sepak bola di kancah internasional dan juga sepakat dengan program naturalisasi. Hal ini tergambar dalam survei terbaru dilakukan pada 9 hingga 11 Oktober 2024 oleh Litbang Kompas.

Timnas Indonesia memang mengalami lonjakan prestasi sejak dihuni pemain-pemain naturalisasi. Untuk pertama kalinya Indonesia bisa menembus putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia area Asia. Indonesia juga lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya.

Sebanyak 737 responden dari 38 provinsi sukses diwawancarai dalam survei soal timnas Indonesia in. Sampel ditentukan secara random dari responden panel Litbang Kompas sesuai proporsi jumlah masyarakat di tiap provinsi. Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian ± 3,88 persen dalam kondisi penarikan sampel random sederhana.

Mayoritas responden mengatakan puas dengan capaian atlet sepak bola Indonesia di kancah Internasional.

“Mayoritas responden mengapresiasi capaian atlet sepak bola Indonesia di kancah internasional (96,2 persen). Hampir sepertiganya merasa capaian atlet bagian olahraga ini sudah sangat baik,” tulis Litbang Kompas.

Untuk naturalisasi di timnas Indonesia, 72 persen responden survei menyatakan sepakat. Langkah itu dinilai bisa meningkatkan prestasi Indonesia. Hanya 27,3% tak sepakat naturalisasi.

Menpora Menegaskan Naturalisasi Dilakukan Terukur

Adapun untuk posisi pelatih, sebagian besar responden setuju dengan langkah pemerintah untuk merekrut pembimbing asing menjadi pembimbing Timnas Indonesia. 86,1% sepakat perekrutan pembimbing asing, sisanya 13,4% tidak sepakat.

Menpora Dito Ariotedjo menilai progres nan terjadi di sepak bola berkah semua pihak dan masyarakat pada umumnya.

“Saya sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak, mengenai proses naturalisasi kami selalu memperhatikan setiap perincian mengenai dasar hukumnya, profil kesehatannya, info kapasitasnya, catatan kariernya serta kelebihan lainnya dari setiap atlet nan bakal di naturalisasi.” Jelas Politisi Partai Golkar tersebut.

Kiprah Timnas Indonesia

Timnas Indonesia bisa meraup tiga poin dari empat laga nan dijalani di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 area Asia. Pasukan Shin Tae-yong baru kalah sekali saat tandang ke China.

Pada bulan November mendatang, Timnas Indonesia bakal melakoni dua laga kandang di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 area Asia dengan menjamu Jepang dan Arab Saudi.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga