Liga Mahasiswa Bola Basket Pakai Format Divisi Baru di Musim 2024

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi Liga Mahasiswa Bola Basket alias LIMA Basketball menghadirkan format baru nan lebih kompetitif dan menarik pada musim 2024. Tahun ini, LIMA Basketball mengusung konsep Divisi 1 dan Divisi 2. Tujuannya adalah meningkatkan daya saing dan memberikan kesempatan bagi tim basket kampus untuk berkembang.

LIMA Basketball 2024 bakal digelar di empat kota besar di Indonesia, ialah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta. Dengan diadakannya di beberapa kota besar, diharapkan semakin banyak penonton dan pendukung nan dapat menikmati pertandingan seru antar kampus terbaik.

Untuk Divisi 1 bakal menampung 8 tim terbaik nan bersaing di tingkat tertinggi, sementara Divisi 2 bakal melibatkan 8 tim lainnya dengan persaingan nan tetap seru dan kompetitif. Penilaian untuk menentukan bagian didasarkan pada partisipasi dan prestasi tim basket kampus dari tahun 2018 hingga 2023 di tingkat regional dan nasional.

Proses kualifikasi bakal menentukan ranking tim basket putra untuk Divisi 1 dan Divisi 2, melibatkan lima pertandingan kualifikasi dengan tim-tim peserta LIMA Basket 2024 lainnya. Tim nan belum terdaftar dalam Divisi 2 wajib mengikuti proses kualifikasi nan ketat. Tim-tim nan telah dinilai oleh LIMA dan terdaftar dalam Divisi 1 tidak perlu mengikuti kualifikasi ini.

Untuk tim-tim kampus di luar Pulau Jawa, tersedia kuota untuk 2 tim putra dan 1 tim putri di Bandung untuk Pulau Sumatera, serta 2 tim putra dan 1 tim putri di Surabaya untuk Bali-NTT, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga