Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Resmi Dikukuhkan, Ini Pesan Menpora Dito Ariotedjo

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 resmi dikukuhkan pada Rabu (10/7/2024).

Acara ini digelar di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat dengan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, CdM Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 Anindya Bakrie serta jejeran ketua federasi bagian olahraga.

Total 29 atlet dari 12 cabor datang mengikuti upacara pengukuhan tersebut. Rinciannya terdiri atas 9 atlet bulu tangkis, 4 atlet panahan, 4 atlet panjat tebing, 3 atlet angkat besi, 2 renang, 1 menembak, 1 selancar, 1 atletik, 1 balap sepeda, 1 judi, 1 rowing, serta 1 senam.

Catatan tersebut ini sekaligus menandai jumlah wakil Indonesia terbanyak nan berperan-serta di Olimpiade sejak 20 tahun silam. Tercatat, Indonesia sebelumnya mengirim 38 atlet dari 14 cabor untuk ambil bagian dalam Olimpiade Athena 2004.

Dito Ariotedjo selaku Menpora RI pun menyampaikan seannya kepada wakil Merah Putih pasca pengukuhan kontingen untuk Olimpiade Paris 2024. Dia berambisi peningkatan jumlah perwakilan Merah Putih di jenis ini dapat ikut mendongkrak prestasi Tanah Air dalam gelaran multievent terakbar empat tahunan.

"Tadi telah dilakukan prosesi pengukuhan kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, di mana kita bakal memberangkatkan 29 atlet dengan total 12 cabor dan total kontingen (dengan ofisial) sekitar 86 orang," ucap Menpora saat ditemui awak media, Rabu (10/7/2024) siang WIB.

"Pastinya kita selalu berharap, kita bakal mempunyai perolehan ranking dan juga lencana nan lebih baik daripada sebelumnya," tambah dia.

Dengan hanya tiga minggu lagi menjelang Olimpiade di Paris, para pekerja sedang menyelesaikan empat arena nan dibangun di pusat kota. Arena-arena ini bakal menjadi tempat untuk skateboarding, freestyle BMX, basket 3v3, dan breakdancing.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga