Konsep Tuan Rumah Bersama PON Bisa Dikembangkan Lebih Lanjut

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Selain itu, Hasan pun menyambut baik soal PON diadakan di dua provinsi. Diketahui, PON XXI Aceh Sumut merupakan PON pertama dengan dua tuan rumah.

“Penunjukan lebih dari satu provinsi sebagai tuan rumah PON XXI/2024 adalah langkah nan inovatif dan positif. Dengan menggabungkan dua provinsi, beban penyelenggaraan dapat dibagi, sehingga masing-masing provinsi dapat konsentrasi pada bagian olahraga tertentu,” katanya.

Selain memperkuat kerjasama antar daerah, dua tuan rumah dapat mempercepat pembangunan keolahragaan di provinsi tersebut. Tapi ada tantangan dalam model dua tuan ruma itu.

“Tantangan terbesar dari model ini adalah koordinasi antara provinsi dan pengedaran sumber daya nan adil. Jika koordinasinya baik, model ini bisa menjadi solusi efektif untuk PON di masa depan. Beberapa masalah teknis seperti transportasi antar venue dan sinkronisasi agenda pertandingan di kedua letak sempat muncul, meskipun akhirnya dapat diatasi, ujarnya.

“Selain itu, jarak antar kota tuan rumah nan cukup jauh juga mempengaruhi efisiensi pergerakan atlet dan ofisial,” katanya.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga