Komite Wasit UEFA Akui Jerman Seharusnya Dapat Penalti saat Melawan Spanyol

Sedang Trending 4 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Komite wasit UEFA baru saja mengeluarkan laporan mengenai jalannya turnamen Euro 2024. Salah satu temuan mengatakan bahwa timnas Jerman semestinya mendapatkan penalti saat laga perempat final kontra timnas Spanyol.

Sebagaimana dilansir dari ESPN, berasas penilaian komite, lengan bek Spanyol Marc Cucurella nan terkena bola sepakan gelandang Jerman Jamal Musiala pada babak pertama harusnya diganjar balasan tendangan 12 pas. 

“Kontak tangan dengan bola nan menghentikan tembakan ke gawang kudu dihukum lebih berat dan dalam kebanyakan kasus tendangan penalti kudu diberikan. Kecuali, lengan pemain memperkuat sangat dekat dengan tubuh alias mengenai tubuh,” tulis pernyataan tersebut.

Akan tetapi, terdapat tambahan pernyataan pada laporan komite wasit UEFA. Pernyataan tersebut mengatakan bahwa Cucurella secara sengaja menggunakan tangannya untuk menghentikan tendangan Musiala.

“Dalam kasus ini, pemain memperkuat menghentikan tembakan ke gawang dengan lengannya, nan tidak terlalu dekat dengan tubuh. Jadi tendangan penalti semestinya diberikan,” lanjut pernyataan komite wasit UEFA.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Aturan Baru Mengenai Handball

Sebelum Euro 2024 digelar, terdapat patokan baru mengenai pelanggaran handball. Kepala wasit UEFA, Roberto Rosetti, menyampaikan bahwa andaikan ada bola nan mengenai tangan salah satu pemain dengan posisi nan tetap dekat dengan tubuh, maka pelanggaran tidak dapat diberlakukan.

Aturan inilah nan menjadi dasar dari keputusan wasit Anthony Taylor untuk tidak memberikan penalti kepada timnas Jerman. Adanya pantauan dari VAR juga mendukung keputusan tersebut.

Berdasarkan tayangan ulang, bola nan ditendang oleh Musiala mengenai lengan Cucurella nan terlihat seperti "tidak dekat" dengan posisi tubuhnya. 

Tidak hanya itu, sebelum Musiala menendang bola ke gawang Unai Simon, striker Jerman, ialah Niclas Fullkrug dinilai sudah berada di posisi offside terlebih dulu.

Oleh lantaran itu, penalti sama sekali tidak diberikan oleh wasit dan pertandingan bersambung hingga babak pertama usai.

Jerman Takluk dari Spanyol

Keputusan itu memengaruhi hasil pertandingan. Jerman takluk 1-2 dari Spanyol sehingga kandas berpesta di kandang sendiri.

Gol pertama laga ini diciptakan oleh gelandang Spanyol, ialah Dani Olmo pada menit ke-51 berkah assist brilian dari Lamine Yamal. Setelah kebobolan, Der Panzer beberapa kali mencoba untuk menyarangkan bola ke gawang La Furia Roja.

Akan tetapi, upaya tersebut berulang kali kandas lantaran kecermatan nan kurang mumpuni dan juga performa baik dari Unai Simon di bawah mistar. Hanya saja, saat memasuki menit-menit akhir pertandingan, timnas Jerman sukses menyamakan kedudukan.

Bintang muda Jerman, Florian Wirtz, bisa memaksimalkan umpan dari Joshua Kimmich dan bola masuk ke gawang Spanyol. Skor 1-1 hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan.

Kedua tim bermain dengan sangat sengit sampai memasuki menit ke-120. Gelandang Spanyol, Mikel Merino menyundul bola ke dalam gawang Jerman nan tidak bisa ditepis oleh Manuel Neuer. Pertandingan berhujung dengan kemenangan La Furia Roja atas Der Panzer.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga