Komentar Nova Arianto usai Timnas Indonesia U-17 Ditaklukkan India di Uji Coba

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto buka bunyi usai anak-anak asuhnya dipaksa mengakui kelebihan India dalam laga uji coba nan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali pada Selasa (27/8/2024) malam WIB.

Juru strategi berumur 44 tahun nampak sedikit menyayangkan hasil minor nan diraih Garuda Muda. Walau begitu, Nova menyebut kekalahan ini bisa dijadikan bahan pertimbangan pihaknya untuk memperbaiki kekurangan skuad.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-17 sejatinya bisa memetik kemenangan meyakinkan 3-1 saat menjajal kekuatan India U-17 untuk pertama kalinya pada Minggu (25/8/2024) silam.

Evandra Florasta, Fandi Ahmad, dan Mochammad Mierza Firjatullah jadi bintang kemenangan Merah Putih kala itu dengan menyumbangkan masing-masing 1 gol buat tim Garuda Muda.

Sayangnya, perombakan starter cukup besar nan dilakukan Nova cukup memengaruhi keahlian skuad di laga uji ocba kedua. Ada beberapa nama jagoan nan dipertahankan, tetapi perihal itu tak cukup membikin Timnas Indonesia U-17 tampil garang, sehingga kudu bermain seri tanpa gol di akhir babak pertama.

Nestapa kemudian menimpa pasukan Merah Putih saat memasuki menit 79. Garuda Muda kecolongan gololeh India usai Sumit Sharma Brahmacharimayum memanfaatkan situasi sepak pojok untuk membawa India memimpin.

Timnas Indonesia U-17 tak bisa lagi mengejar ketertinggalan di sisa waktu nan ada. Alhasil laga berhujung dengan 0-1 untuk kelebihan India U-17.

Berita video pembimbing Timnas Indonesia U-17, Nova Arianto, mengungkap alasannya ketat dalam menyeleksi pemain untuk Timnas Indonesia U-17.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Komentar Nova Arianto

"Memang secara hasil kami kalah, meski semestinya kami bisa meraih kemenangan," ucap pembimbing Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto selepas hasil minor nan diraih anak-anak asuhnya pada Selasa (27/8/2024) malam WIB, sebagaimana dinukil dari situs resmi PSSI.

"Tapi, kami berterima kasih lantaran ada pertandingan melawan India. Kami akhirnya semakin tahu kekuatan kami seperti apa hingga saat ini."

"Ini ujian untuk saya. Sebenarnya saya bisa saja memainkan starting eleven seperti pertandingan sebelumnya. Ini jadi catatan untuk kami. Selain itu, India juga tampil bagus dengan compact defense," tambah ahli strategi nan juga menjabat sebagai asisten pembimbing timnas senior Indonesia.

Agenda Timnas Indonesia U-17 Selanjutnya

Adapun selepas melakoni pemusatan latihan (TC) dan rangkaian uji coba di Bali, Timnas Indonesia U-17 bakal melanjutkan persiapan di Jakarta.

Mereka juga diagendakan bertolak ke Spanyol dan Qatar guna memanaskan mesin, sebelum tiba di Kuwait untuk melakoni arena Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Garuda Muda sendiri diketahui tergabung dalam grup G AFC U-17 Asian Cup Qualifiers berbareng Australia, tuan rumah Kuwait, dan Kepualauan Mariana Utara.

Nova Arianto pun mengeklaim pihaknya bakal mulai menyusun strategi berasas hasil uji coba Timnas Indonesia U-17 agar nantinya bisa membongkar pertahanan tim-tim kuat di laga kualifikasi.

"Situasi ini (hasil laga uji coba) bakal kami pertimbangan untuk gimana caranya bisa membongkar pertahanan tim-tim seperti Kuwait dan Australia (saat Kualifikasi Piala Asia U-17 2025)," tandas Nova. 

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga