Kilas Balik Piala Eropa 1980: Jerman Barat Membalas Dendam

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Piala Eropa memasuki era baru pada 1980. Dengan kejuaraan semakin populer, UEFA menggandakan peserta turnamen utama menjadi delapan.

Sebanyak tujuh tim lolos setelah melalui kualifikasi nan sekarang hanya satu putaran. Mereka adalah Inggris, Belgia, Spanyol, Belanda, Cekoslovakia, Yunani, dan Jerman Barat. Satu tim lain adalah tuan rumah Italia.

Grup A Piala Eropa 1980 menghadirkan Jerman Barat, Belanda, Cekoslovakia, dan Yunani. Sedangkan Italia, Inggris, Spanyol, dan Belgia saling sikut di Grup B. Para juara kemudian lolos ke final, dengan runner-up memperebutkan ranking tiga turnamen.

Jerman Barat terlalu kuat di Grup A dengan tidak terkalahkan dan meraih dua kemenangan, salah satunya pembalasan atas Cekoslovakia pada final jenis sebelumnya. Sementara persaingan para raksasa di Grup B menghasilkan Belgia sebagai penguasa kejutan.

Juara memperkuat Cekoslovakia mengalahkan tuan rumah Italia lewat adu penalti 9-8 (1-1) pada persaingan urutan ketiga. Ini adalah kali terakhir partai tersebut digelar di Piala Eropa.

Jerman Barat, nan menembus final untuk kali ketiga secara beruntun, diunggulkan bisa menumbangkan Belgia. Horst Hrubesch membikin prediksi tersebut tepat sasaran dengan memborong gol kemenangan 2-1 bagi timnya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga