Kilas Balik Piala Eropa 1964: Jenderal Franco Melunak, Spanyol Rebut Gelar Juara

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Sukses gelaran perdana empat tahun sebelumnya membuka area barat untuk mengikuti Piala Eropa 1964. Meski Jerman Barat tetap memilih absen, negara-negara lain seperti Inggris Raya, Italia, dan Belanda akhirnya berpartisipasi.

Sebanyak 29 peserta sekarang ambil bagian dalam kejuaraan nan tetap menggunakan format sama seperti sebelumnya.

Namun, kondisi geopolitik tetap membikin turnamen diwarnai tindakan penarikan diri. Jika Spanyol meninggalkan jenis 1960 lantaran kudu berjumpa Uni Soviet, sekarang giliran Yunani nan mundur usai dipasangkan melawan Albania di kualifikasi.

Juara memperkuat Uni Soviet, Austria, dan Luksemburg mendapat bye pada putaran pertama penyisihan. Uni Soviet kembali menunjukkan kekuatan dengan menyisihkan Italia dan Swedia demi mencapai turnamen utama. Mereka ditemani Denmark, Spanyol, dan Hungaria.

Uni Soviet mengalahkan Denmark dan tuan rumah Spanyol menyisihkan Hungaria lewat perpanjangan waktu di semifinal. Laga puncak pun mempertemukan kedua negara nan tidak berduel empat tahun sebelumnya.

Mengingat duel kali mempertaruhkan trofi, Jenderal Francisco Franco kali ini mengizinkan Timnas Spanyol bertanding. Dan pada final di Estadio Santiago Bernabeu, nan dihadiri langsung oleh Franco, Spanyol meraih kemenangan 2-1.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga