Kilas Balik Euro 1996: Jerman Cetak Hattrick di Tanah Inggris

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Piala Eropa memasuki babak baru pada 1996. Peserta turnamen utama kembali berlipat menjadi 16 dengan kejuaraan memakai identitas baru.

Kini memakai nama Euro, jenis 1996 juga menghadirkan sejumlah perubahan. Kemenangan di kualifikasi dan turnamen sekarang dihargai tiga angka. Diberlakukan pula gol emas untuk mencegah tim bermain memperkuat pada perpanjangan waktu demi memaksa adu penalti.

UEFA merujuk pecahnya Uni Soviet dan Yugoslavia sebagai argumen di kembali penambahan kontestan. Anggota federasi sepak bola Eropa itu memang bertambah menyusul dua peristiwa tersebut, dari 33 pada 1988 menjadi 48 tahun 1994.

Tempat ekstra tersebut memberi kesempatan bagi Bulgaria, Swiss, dan Turki untuk melakoni debut di Euro 1996. Sementara Rusia, Kroasia, dan Republik Ceko berkompetisi pertama kali sebagai negara independen.

Persaingan sengit di Inggris pun tercipta dan menghasilkan sejumlah laga klasik pada fase grup. Dari seleksi alam, muncul delapan nama nan melaju ke babak gugur. Mereka adalah Inggris, Belanda, Prancis, Spanyol, Jerman, Republik Ceko, Portugal, dan Kroasia.

Republik Ceko lampau tampil mengejutkan dengan menyisihkan Portugal dan Prancis. Sementara Jerman jadi finalis lain usai mengalahkan Kroasia dan Inggris.

Pada laga puncak, Timnas Jerman merebut gelar berkah gol emas Oliver Bierhoff. Ini adalah gelar pertama Jerman setelah reunifikasi, alias ketiga meneruskan sukses 1972 dan 1980.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga