Kereta Tanpa Rel Tiba di IKN, Segera Diuji Coba

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Sabtu, 27 Jul 2024 13:35 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan autonomous rail transit (ART) alias kereta otonom tanpa rel sudah tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan autonomous rail transit (ART) alias kereta otonom tanpa rel tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bakal segera berjamu ke Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk memandang penampakan autonomous rail transit (ART) atau kereta otonom tanpa rel nan sudah tiba.

Rencananya, Budi bakal meluncur ke IKN pada Minggu (28/7) untuk memandang moda transportasi canggih tersebut.

"Kita mempunyai suatu teknologi baru, kereta tanpa rel, Insya Allah hari-hari ini ART-nya sudah datang ke IKN. Jadi kelak hari Minggu saya ke sana sudah memandang (kereta tanpa rel) ada di sana," kata Budi di Artotel Gelora Senayan, Jakarta, pada Jumat malam (26/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di kesempatan nan sama, Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Risal Wasal menyebut kereta tanpa rel nan tiba di IKN baru satu rangkaian nan terdiri dari tiga kereta.

Kendati dia mengatakan belum bisa bicara lebih perincian mengenai kereta tanpa rel ini. Sebab, tetap dalam pembahasan dengan pihak Otorita IKN.

"Satu trainset dengan tiga kereta. Nanti di 2025 baru, tapi kita bisa belum bicara ini ya, kelak deh," jelasnya.

Meskipun kereta sudah tiba di IKN, namun Feasibility study (FS) alias studi kelayakannya tetap dalam proses. Hanya saja itu hanya mengenai dengan Proof of Concept (POC).

Dengan demikian, proses uji coba kemungkinan besar tetap bisa dilaksanakan sesuai nan direncanakan pada Agustus 2024.

"Khusus FS nan ART kan hanya mengenai Proof of Concept sebenarnya, dalam waktu dekat bakal dilakukan POC oleh OIKN untuk uji coba," pungkas Risal.

(lyd/isn)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com