Kemenkumham Dukung Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Lewat Naturalisasi

Sedang Trending 6 jam yang lalu

Liputan6.com, Jakarta -a Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Supratman Andi Agtas mempertegas support kemajuan olahraga Indonesia. Salah satunya dengan memuluskan langkah naturalisasi pemain bagi Timnas Indonesia. 

Kemenkumham berambisi langkah ini bisa meloloskan timnas ke Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Tak hanya sepak bola, support juga bakal diberikan kepada Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) nan menjadi induk olahraga basket Tanah Air.

"Pak Erick tadi melaporkan beberapa hal, mengenai PSSI maupun Perbasi. Alhamdulillah beliau menyampaikan (tentang) pemberian support nan optimal pada seluruh talenta-talenta (atlet) nan bisa mengangkat nama baik Indonesia di kancah internasional, (khususnya) di dua bagian olahraga tersebut," kata Supratman saat berjumpa Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Kamis (19/9/2024).

"Tentu ini tidak terlepas dari kontribusi nan dilakukan oleh Pak Erick, (terlebih) di bagian olahraga sepak bola, ini olahraga rakyat, olahraga kita semua," tambah Menkumham.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

FIFA dan FIBA Buka Kantor di Indonesia

Erick Thohir mengatakan bahwa Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) telah memutuskan untuk membuka instansi perwakilan di Indonesia.

Soaok nan juga menjabat Menteri BUMN ini menilai langkah tersebut sangat luar biasa, lantaran kedua federasi ini telah memandang kesungguhan pemerintah Indonesia dalam membangun olahraga.

"Ini justru prestasi, lantaran mereka (FIFA dan FIBA) memandang kesungguhan pemerintah saat ini dan ke depan untuk membangun olahraga nasional. Karena memang dengan membangun olahraga, ini bagian kita untuk menyehatkan masyarakat Indonesia ke depan," kata Erick.

Selain itu, lanjut Erick, PSSI juga telah menyiapkan sejumlah rencana, baik jangka pendek, menengah, maupun panjang dalam melakukan pembinaan pemain timnas pada kategori U-17, U-20, dan senior.

"Ini sebagai bukti bahwa program ini tidak ada nan namanya shortcut quickwin. Semua itu kudu berkesinambungan, dan Insya Allah ini bakal menjadi percepatan nan baik untuk prestasi olahraga semua,” tutupnya.

Proses Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

Terbaru, saat ini pemerintah tengah melakukan proses naturalisasi terhadap pemain sepak bola Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Saat ini Mees Hilgers bermain di FC Twente dalam posisi bek.

Hilgers diketahui mempunyai darah Indonesia dari ibunya nan berasal dari Manado. Sementara Eliano Reijnders bermain di PEC Zwolle, bisa bermain dalam posisi gelandang serang maupun sayap. Eliano mempunyai darah Indonesia dari ibunya nan berasal dari Maluku.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga