Kazakhstan Resmi Dicoret dari Kalender MotoGP 2024, Ini Alasannya

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Kazakhstan belum bakal menggelar MotoGP pada 2024. Setelah sempat ditunda, arena di Asia Tengah tersebut resmi dibatalkan.

Sebagai pengganti, penyelenggara kejuaraan mencantumkan kunjungan kedua ke Misano sehingga musim ini tetap menggulirkan 20 seri. Sirkuit Sokol jadi event ketiga nan dicoret dari almanak awal MotoGP 2024. Sebelumnya balapan kuda besi juga urung berjalan di Argentina dan India.

"Masalah operasional dan logistik nan muncul ketika penundaan pertama akibat banjir kembali muncul, membikin MotoGP mustahil berjalan di Kazakhstan," tulis keterangan resmi Dorna.

Sebagai pengganti MotoGP Kazakhstan, bergulir MotoGP Emilia Romagna nan sempat datang di Misano ketika pandemi Covid-19 melanda. Rinciannya, Misano bakal menggelar MotoGP San Marino pada 6-8 September dan MotoGP Emilia Romagna pada 20-22 September.

Setelah itu pembalap menjalani tur ke Asia dan Australia, dimulai 27-29 September dengan MotoGP Indonesia di Mandalika.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Kazakhstan Belum Pernah Gelar MotoGP

Kazakhstan pertama kali dicoret dari almanak MotoGP 2024 pada awal Mei lantaran banjir melanda negara tersebut. Cuaca ekstrem menyebabkan banjir di seluruh Asia Tengah sehingga Kazakhstan mengumumkan keadaan darurat nasional dan memaksa masyarakat mengungsi.

Ketika itu Dorna menyebut event hanya ditunda. Menyusul batalnya MotoGP India tidak lama kemudian, operator kemudian mencantumkan seri Kazakhstan sebagai pengganti.

Dengan begitu, Kazakhstan belum menggelar seri MotoGP sejak meneken perjanjian lima tahun. Ajang 2023 juga tidak dilaksanakan lantaran argumen homologasi.

Persaingan MotoGP 2024

Saat ini MotoGP 2024 sedang rehat musim panas. Dari sembilan balapan nan sudah berlangsung, juara bumi dua tahun terakhir Francesco Bagnaia tengah memimpin klasemen sementara.

Rider Ducati Lenovo itu mempunyai 222 poin, unggul 10 nomor atas jagoan Prima Pramac Racing Jorge Martin.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga