Kabar Buruk, iPad Air Generasi Baru Bakal Pakai Layar Teknologi Lawas

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Apple akan menyelenggarakan acara 'Let loose' pada 7 Mei 2024. Rencananya, perusahaan asal AS ini akan memperkenalkan beberapa lini iPad, termasuk iPad Air.

Sebelumnya, terdapat rumor mengenai iPad Air akan menggunakan layar mini-LED. Terbaru, tablet anyar milik Apple ini tidak akan menggnuakan teknologi sheet tersebut.

Analis Panel Ross Young, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Minggu (28/4/2024), mengabarkan varian iPad Air masih tetap menggunakan sheet LCD seperti seri iPad Air generasi sebelumnya.

Menurutnya, biaya untuk produksi sheet mini-LED cukup tinggi, sehingga kemungkinan Apple akan tetap mempercayai sheet LCD untuk digunakan pada iPad Air.

Laporan dari Ross Young juga menyebutkan, Apple akan memperkenalkan exemplary iPad baru dengan layar mini-LED pada kuartal keempat tahun 2024.

Kendati demikian, exemplary pasti untuk penggunaan layar mini-LED masih belum ditentukan. Laporan itu memperkirakan panel mini-LED akan digunakan pada lini iPad Pro versi terjangkau atau iPad dengan exemplary penamaan baru.

Sebagai informasi, teknologi sheet mini-LED menawarkan kontras yang lebih kaya dan area yang benar-benar hitam dibandingkan sheet LCD, namun warna gelap yang dihasilkan tidak sepekat layar OLED.

Mini-LED dapat menghasilkan warna yang lebih baik dengan menerangi layar pada piksel LED yang jauh lebih kecil. Apple pertama kali menggunakan sheet mini-LED pada iPad Pro 2021.

Nampaknya, Apple masih belum mau menerapkan teknologi ini ke lebih banyak lini iPad karena biaya produksinya yang mahal.

Apple meluncurkan iPad Pro terbaru bersamaan dengan diumumkannya Macbook Air dan Mac Mini teranyar, dalam acara yang digelar di Brooklyn Academy of Music, Howard Gilman Opera House, New York, Selasa, 30 Oktober 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

iPad Pro dan iPad Air Terbaru Siap Meluncur pada Mei 2024

Apple akan memperkenalkan tablet terbarunya pada Mei 2024. Perusahaan dikabarkan bakal merilis iPad Pro dan iPad Air di sebuah acara khusus.

iPad Pro menjadi tablet Apple yang paling diperbincangkan. Dikutip dari CNET, tablet ini diperkirakan akan mengusung sheet bertipe OLED.

Selain itu, iPad ini juga akan mendapatkan perombakan desain di Magic Keyboard, dijanjikan bakal memberikan pengalaman pengetikan yang lebih nyaman.

Tablet ini akan diperkuat chipset Apple M3, prosesor pertama yang digunakan di seri iPad. Tak hanya iPad Pro, Apple disebut juga akan menghadirkan iPad Air, tablet produktivitas dengan harga yang lebih terjangkau.

iPad Air akan hadir dengan chip Apple M2, performa yang dibawa oleh prosesor ini mampu tingkatkan produktivitas pengguna.

Sebelumnya, beberapa analis menyebutkan bahwa iPad generasi baru akan diperkenalkan pada Maret 2024.

Kendati demikian, kendala produksi dan pengembangan software jadi tantangan sehingga peluncuran perlu ditunda.

Lini iPad Baru akan Diperkenalkan di Apple Event 'Let Loose'

Apple akan memperkenalkan lini iPad terbarunya, termasuk iPad Air dan iPad Pro di acara Apple Event bertajuk 'Let Loose' pada 7 Mei 2024 sekitar pukul 21.00 WIB.

Bagi fans Apple yang ingin menonton acara ini, kamu dapat ikutan secara unrecorded di YouTube atau aplikasi Apple TV.

Lalu produk apa yang akan diumumkan pada Apple "Let Loose" ini? Walau perusahaan berbasis di Cupertino itu tidak mengungkap langsung, dari udangan dibagikan bisa ditebak perangkat apa.

Berdasarkan undangan yang beredar, animasi tangan memutar-mutar benda mengisyaratkan kehadiran Apple Pencil baru dan juga exemplary iPad teranyar.

Rumor beredar kencang menyebutkan, exemplary baru iPad Pro, iPad Air, dan Apple Pencil akan debut dalam acara pada bulan Mei 2024 tersebut.

Mengutip GSM Arena, perusahaan akan menggunakan sheet OLED untuk seri iPad Pro dan memiliki ukuran 13 inci dan 11 inci.

Selain itu, Apple juga akan mengumumkan dua iPad Air dengan ukuran panel layar Mini LED berukuran 12.9 inci dan 10.9 inci.

Disebutkan, tablet baru Apple ini akan ditenagai oleh chipset Apple M3 dan didukung dengan Magic Keyboard generasi terkini.

8 Merek Tiongkok di Rantai Pasokan

Di sisi lain, Apple mengumumkan daftar rantai pasokan iPhone untuk tahun fiskal 2023. Pengumuman perusahaan tersebut mengungkap, merek-merek komponen Tiongkok tak akan segera meninggalkan rantai pasokan Apple.

Mengutip Gizchina, Apple telah menambahkan delapan merek Tiongkok baru ke daftar rantai pasokannya. Adapun merek komponen tersebut antara lain adalah:

  • Jiuquan Iron and Steel
  • Sinopec Weiye Technology
  • Kaicheng Technology
  • Sanan Optoelectronics
  • Boshuo Technology
  • Tony Electronics
  • Zhenghe Group

Apple juga mengeluarkan empat merek Tiongkok lainnya dari daftar. Merek-merek yang dihapus dari daftar tersebut adalah:

  • Jiangsu Jingyan Technology
  • Meiyingsen Group
  • Shenzhen Derun Electronics
  • Yishi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (kanan) sesaat sebelum berdiskusi bersama mantan Perdana Menteri Inggris yang juga Pendiri dari Organisasi Nirlaba Tony Blair Insitute, Tony Blair (kiri) di kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Jakarta, Jumat (19/4/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi