Jokowi Usai Tesla Batal Investasi di RI: Kita Tak Tergantung 1-2 Merek

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 26 Jul 2024 19:30 WIB

Jokowi merespons nasib investasi Tesla di Indonesia nan batal dengan menyebut Indonesia tak bakal berjuntai pada satu alias dua merek saja. Jokowi merespons nasib investasi Tesla di Indonesia nan batal dengan menyebut Indonesia tak bakal berjuntai pada satu alias dua merek saja. ( Arsip Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons nasib investasi Tesla di Indonesia nan batal.

Perusahaan tersebut disebut Menko Kemaritiman dan Investasi tengah berkonsentrasi pada upaya mereka sehingga tidak membangun pabrik di negara lain, termasuk Indonesia.

Jokowi menyebut saat ini sudah ada Hyundai nan memproduksi mobil listrik di Indonesia. Lalu ada pula investasi dalam pembuatan baterai kendaraan listrik melalui pabrik Hyundai-LG di Karawang, Jawa Barat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sehingga bukan hanya Hyundai saja nan sudah masuk, ada Wuling, ada BYD, ada VinFast, ada Cherry. Kita tidak tergantung pada satu alias dua merek," kata Jokowi di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat (26/7).

Jokowi pun mengaku tetap optimis bakal ada penanammodal nan datang ke Indonesia andaikan pembangunan industri dari hulu sampai hilir dikerjakan dengan baik, efisien, dan harganya kompetitif.

"Saya kira penanammodal bakal datang mencari, bukan kita nan mencari. Kita kudu optimis," ujar Jokowi.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan sebelumnya membeberkan nasib investasi Tesla di Indonesia. Menurutnya perusahaan milik Elon Musk itu tengah berkonsentrasi pada upaya mereka sehingga tidak membangun pabrik di negara lain, termasuk Indonesia.

"Kalau Tesla itu sekarang saya pikir setelah satu tahun dua tahun ini tidak bakal membangun pabrik dimana pun," kata Luhut usai menghadiri aktivitas peluncuran Golden Visa di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Kamis (25/7).

Namun Luhut juga mengatakan bisa saja Tesla kembali berinvestasi lagi dalam beberapa waktu nan bakal datang.

Meski dia juga tak memastikan kapan investasi Tesla di Indonesia bakal terealisasi. Walaupun pasar Indonesia menurutnya menjadi salah satu pengganti nan baik bagi Tesla.

[Gambas:Video CNN]

(khr/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com