Jokowi dan Menpora Pantau Pembangunan Training Center Timnas Indonesia di IKN

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengunjungi Training Center timnas Indonesia di IKN pada Selasa 13 Agustus 2024. Presiden mau memandang langsung perkembangan pembangunan training center alias pusat latihan untuk tim nasional sepakbola.

Tak hanya Presiden dan Menpora, turut mendampingi dalam kunjungan tersebut Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung.

"Kita mau memastikan bahwa pembangunan training center IKN melangkah dengan baik. Saat ini proses pengerjaan sudah memasuki tahap akhir alias finishing," ujar Dito dalam keterangannya, Selasa (13/8/2024).

TC untuk Timnas Indonesia di IKN berdiri di atas lahan seluas 34,5 hektare. Sudah terdapat dua lapangan nan dibangun dengan rumput alami dan sintetis. Dua lapangan itu pun sudah nyaris rampung dikerjakan. Rencananya, bakal ada delapan lapangan di TC tersebut.

Selain itu pada TC bakal ada pondok nan berkapasitas 138 orang. Terdapat 56 bilik dobel untuk pemain, 20 bilik single untuk tim pelatih, dan 6 suite untuk pembimbing kepala.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Dibangun dengan Dana Hibah dari FIFA

Asrama pun dibuat untuk mendukung atlet. Beberapa kelengkapan lain nan bakal disediakan seperti akomodasi fisioterapi, fitness, medical treatment, dan lainnya.

Pembangunan pusat training tersebut menggunakan biaya hibah dari FIFA sebesar Rp 85,6 miliar dan juga biaya dari pemerintah senilai Rp 95 miliar.

“Semoga dengan adanya TC ini, sepak bola Indonesia nan sedang berkembang, terus maju dan bisa membanggakan negara gila bola ini,” ucap Dito

Fasilitas Lengkap TC Timnas Indonesia di IKN

Federasi sepak bola Indonesia PSSI resmi menandatangani kerja sama dengan Rumah Sakit Abdi Waluyo sebagai pelengkap akomodasi medis Timnas Indonesia di Training Center (TC) baru di IKN.

Acara penandatanganan MoU Groundbreaking antara PSSI dengan RS Abdi Waluyo ini dilakukan di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, pada Kamis (18/1/2024) pagi WIB, dengan dihadiri Ketua Umum PSSi Erick Thohir.

Adapun corak kerja sama antara kedua belah pihak nantinya juga mencakup pembangunan rumah sakit di dekat Training Center (TC) PSSI nan berlokasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur.

Erick Thohir menilai kerja sama tersebut bakal berakibat signifikan bagi pengembangan Timnas Indonesia, mengingat saat ini tak sedikit atlet sukses mencapai kesuksesan berkah adanya kerjasama tepat antara aspek training teknis dengan sports science.

"Dalam membangun tim nasional, tentu kita tidak hanya mempersiapkan jenjang: dari usia dini, junior, sampai senior, tetapi tidak kalah pentingnya mereka juga kudu didampingi dengan sports science, sports medicine," ucap Erick Thohir pasca penandatanganan MoU di Menara Danareksa, Kamis (18/1/2024).

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga