Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Rp2,2 Triliun Selesai Dibangun

Sedang Trending 4 jam yang lalu

CNN Indonesia

Minggu, 06 Okt 2024 02:00 WIB

DJKA Kemenhub menyatakan jalur dobel KA Bogor-Sukabumi sepanjang 26,6 kilometer sudah selesai dibangun. DJKA Kemenhub menyatakan jalur dobel KA Bogor-Sukabumi sepanjang 26,6 kilometer sudah selesai dibangun.(Dok. KAI)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pembangunan jalur ganda kereta api lintas Bogor-Sukabumi nan menghabiskan biaya Rp2,2 triliun telah selesai.

Kepala BTP Bandung Endang Setiawan menjelaskan pada Sabtu (5/10) bahwa Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Bandung (BTP Bandung) sudah rampung membangun jalur sepanjang 26,6 kilometer itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Selama 10 tahun terakhir, kami telah merampungkan pembangunan jalur dobel antara Bogor Paledang-Cicurug, pembangunan dan penataan stasiun serta peningkatan keselamatan perkeretaapian pada lintas Bogor-Sukabumi, dengan total anggaran Rp2,2 triliun," tutur Endang di keterangan resminya.

Menurut dia pembangunan ini bermaksud meningkatkan keamanan dan volume perjalanan kereta api. Selain itu jadi bagian penyelenggaraan program padat karya menurut Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 70 tahun 2021.

Selain jalur ganda, telah dilakukan pula pembangunan dan penataan stasiun di sepanjang jalur lintas Bogor-Sukabumi selama 10 tahun terakhir.

"Stasiun-stasiun nan berada pada lintas Bogor-Sukabumi ini juga merupakan area strategis nan dekat dengan letak wisata sehingga kami minta masyarakat nan mau berpiknik di sekitar Bogor alias Sukabumi dapat memanfaatkan moda transportasi kereta api," jelas Endang.

DJKA juga dikatakan sudah membangun skybridge untuk menyambungkan Stasiun Bogor Paledang dengan Stasiun Bogor Kota. Target pengoperasiannya pada tahun ini dan diharapkan dapat mempermudah akses penumpang.

Skybridge nan mempunyai panjang 200 meter itu memanfaatkan total anggaran Rp95 miliar.

"Skybridge ini terhubung langsung dengan Taman Topi Square dan Alun-Alun Kota Bogor dengan tujuan agar kami dapat sedikitnya membantu para pelaku UMKM di sekitar stasiun," jelas dia.

(fea)

[Gambas:Video CNN]

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com