Ini Bocoran Spesifikasi dan Tanggal Peluncuran iPad Pro 2024

Sedang Trending 3 minggu yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Apple akan memperkenalkan jajaran iPad baru di acara Appple Event 'Let Loose' pada awal Mei 2024, dan rumor mengenai tablet baru itu makin tersebar luas.

Terbaru, terdapat laporan terkini mengenai spesifikasi yang akan digunakan di tablet terbaik Apple, iPad Pro.

Menurut laporan dari analis Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (29/4/2024), iPad Pro kemungkinan tidak akan menggunakan prosessor Apple M3, melainkan akan langusng menggunakan prosesor terbaru Apple, yakni Apple M4.

Menurut laporan tersebut, penggunaan chipset baru itu menandakan masuknya Apple ke persaingan teknologi AI yang banyak diganderungi oleh perusahaan teknologi saat ini.

“Saya yakin Apple akan memposisikan tablet ini sebagai perangkat pertamanya yang benar-benar didukung AI – dan sejak saat itu Apple akan menggembar-gemborkan setiap produk barunya sebagai perangkat AI,” tulis Gurman.

iPad Pro 2024 generasi baru ini akan diluncurkan di acara Apple Event Let Loose pada 7 Mei 2024, pukul 07.00 waktu setempat atau 21.00 WIB.

Di acara tersebut, Apple dirumorkan juga bakal memperkenalkan iPad Air terbaru dan aksesoris iPad yang diperbarui seperti Magic Keyboard dan Apple Pencil. Laporan terkini menunjukkan bahwa Apple Pencil akan menghadirkan fitur Haptic Feedback.

Acara bertajuk 'Let Loose' yang akan diselenggarakan Apple ini akan menjadi langkah awal bagi berusahaan untuk menerapkan kecerdasan buatan (AI) secara menyeluruh di event Worldwide Developer Conference (WWDC) pada Juni mendatang.

Apple meluncurkan iPad Pro terbaru bersamaan dengan diumumkannya Macbook Air dan Mac Mini teranyar, dalam acara yang digelar di Brooklyn Academy of Music, Howard Gilman Opera House, New York, Selasa, 30 Oktober 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Apple Gelar Acara

Apple akan memperkenalkan lini iPad terbaru pada pagelaran Apple arena bertema 'Let Loose' yang akan digelar pada 7 Mei 2024, dan disiarkan secara online jam 07.00 waktu setempat atau 21.00 WIB.

Bagi fans Apple yang ingin menonton acara ini, kamu dapat ikutan secara unrecorded di YouTube atau aplikasi Apple TV.

Lalu produk apa yang akan diumumkan pada Apple "Let Loose" ini? Walau perusahaan berbasis di Cupertino itu tidak mengungkap langsung, dari udangan dibagikan bisa ditebak perangkat apa.

Berdasarkan undangan yang beredar, animasi tangan memutar-mutar benda mengisyaratkan kehadiran Apple Pencil baru dan juga exemplary iPad teranyar.

Rumor beredar kencang menyebutkan, exemplary baru iPad Pro, iPad Air, dan Apple Pencil akan debut dalam acara pada bulan Mei 2024 tersebut.

Mengutip GSM Arena, Rabu (24/4/2024), perusahaan akan menggunakan sheet OLED untuk seri iPad Pro dan memiliki ukuran 13 inci dan 11 inci.

Selain itu, Apple juga akan mengumumkan dua iPad Air dengan ukuran panel layar Mini LED berukuran 12.9 inci dan 10.9 inci.

Disebutkan, tablet baru Apple ini akan ditenagai oleh chipset Apple M3 dan didukung dengan Magic Keyboard generasi terkini.

Apple Tambah Komponen Buatan Tiongkok untuk Rantai Pasokan iPhone

Di sisi lain, Apple akan menambah jumlah komponen buatan Tiongkok untuk memenuhi rantai pasokan untuk iPhone.

Sejatinya, perusahaan telah melakukan berbagai upaya untuk memindahkan rantai pasokan ke negara-negara lain.

Pemindahan rantai pasokan ke negara-negara lain di luar Tiongkok ini dilakukan agar Apple tak terlalu bergantung kepada Tiongkok. Apalagi, saat ini hubungan politik antara Tiongkok dengan Amerika Serikat terus memanas.

Sayangnya, bagi perusahaan seperti Apple ada kesulitan jika harus memutus hubungan dengan Tiongkok dalam hal rantai pasokan produk Apple termasuk iPhone.

Hal ini karena Tiongkok tak hanya memproduksi produk dengan biaya lebih murah, tetapi juga memiliki banyak tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mencapai target produksi.

8 Merek Tiongkok di Rantai Pasokan

Belum lama ini, Apple mengumumkan daftar rantai pasokan iPhone untuk tahun fiskal 2023. Pengumuman perusahaan tersebut mengungkap, merek-merek komponen Tiongkok tak akan segera meninggalkan rantai pasokan Apple.

Mengutip Gizchina, Apple telah menambahkan delapan merek Tiongkok baru ke daftar rantai pasokannya. Adapun merek komponen tersebut antara lain adalah:

  • Jiuquan Iron and Steel
  • Sinopec Weiye Technology
  • Kaicheng Technology
  • Sanan Optoelectronics
  • Boshuo Technology
  • Tony Electronics
  • Zhenghe Group

Apple juga mengeluarkan empat merek Tiongkok lainnya dari daftar. Merek-merek yang dihapus dari daftar tersebut adalah:

  • Jiangsu Jingyan Technology
  • Meiyingsen Group
  • Shenzhen Derun Electronics
  • Yishi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Sumber liputan6.com teknologi
liputan6.com teknologi