Infomedia Pacu Transformasi Digital dengan Solusi Bisnis Berbasis AI

Sedang Trending 1 jam yang lalu

Jakarta, CNN Indonesia --

Perkembangan teknologi kepintaran buatan (Artificial Intelligence/AI) semakin pesat dan sekarang menjadi tulang punggung transformasi digital di beragam sektor. Di Indonesia, AI tidak hanya menjadi tren dunia nan diikuti, tetapi juga sedang mengubah langkah perusahaan beroperasi, terutama dalam upaya meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Infomedia, anak upaya PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, sebagai penyedia jasa Digital Business Process Outsourcing (BPO) berbasis teknologi, mengambil langkah signifikan dalam mengintegrasikan teknologi ini untuk menghadirkan solusi-solusi inovatif melalui pendekatan AI Automation dan Analytics (3A).

Direktur Utama Infomedia, Eddy Sofryano, menyampaikan bahwa pentingnya perusahaan menerapkan teknologi AI merupakan salah satu langkah untuk tetap agile terhadap perubahan dan dinamika upaya nan terjadi begitu cepat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya percaya penerapan teknologi AI dalam setiap unit/fungsi perusahaan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas upaya jauh lebih tinggi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (18/10).

Salah satu aspek krusial dari jasa nan ditawarkan oleh Infomedia adalah otomatisasi proses bisnis. Melalui AI Automation, banyak proses nan dulunya dilakukan secara manual sekarang dapat diotomatisasi.

Misalnya, Contact Center dan Omnichannel AI (OmniX AI) nan diterapkan dalam jasa pengguna dapat mengelola chatbot berbasis AI.

Fitur ini menangani pertanyaan nan sering diajukan secara otomatis, memberikan rekomendasi tindakan kepada pemasok berasas pola hubungan nan telah dianalisis dari info sebelumnya, sehingga mengurangi beban kerja pemasok jasa pelanggan, dan memberikan respon nan lebih sigap kepada pelanggan.

Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga menciptakan customer experience nan lebih optimal.

Selain itu, Infomedia juga memanfaatkan AI dalam kajian data. Dengan menggunakan algoritma machine learning, perusahaan dapat membantu perusahaan dalam menganalisis info pengguna dan memberikan solusi berbasis info nan lebih efektif.

Misalnya, kajian sentimen nan diterapkan pada umpan kembali pengguna dapat memberi wawasan berbobot tentang kepuasan pengguna dan area nan perlu ditingkatkan. Dengan demikian, perusahaan tidak hanya bisa memahami kebutuhan pelanggan, tetapi juga merespons dengan lebih tepat dan cepat.

Pada operasional back-end process, Infomedia menerapkan teknologi ini dalam proses human resource untuk memenuhi journey pekerja from hire to retire. Secara langsung faedah dari penerapan teknologi AI ini telah tercermin dalam beragam penerapan rekrutmen berskala besar di Indonesia.

Bahkan tidak hanya itu, transformasi digital melalui pemrosesan arsip secara digital juga telah diterapkan dalam jasa Doc.AI untuk pengambilan data, klasifikasi, verifikasi, serta mendapatkan wawasan mendalam dari info nan ada.

Eddy menambahkan, memandang perkembangan nan ada, masa depan teknologi AI di Indonesia tampaknya sangat menjanjikan. Ia pun memberikan contoh penerapan Contact Center AI di salah satu pusat layananan pengguna nan dikelola Infomedia sukses meningkatkan efisiensi hingga 30%.

"Kita dapat berambisi bahwa penerapan teknologi ini bakal semakin luas dan mendalam. Infomedia bukan hanya memperkenalkan teknologi, tetapi juga membangun kerjasama nan mendukung penemuan dan pertumbuhan di sektor digital," imbuh dia.

Sebagai informasi, dalam waktu dekat Infomedia bakal menghadirkan sesi conference dengan tema INFINITE-Infomedia Insight in Technology Excellence di akhir Oktober 2024 mendatang.

Melalui aktivitas ini, Infomedia menghadirkan kerjasama antara pemerintah, sektor swasta, lembaga maupun asosiasi untuk memberikan insight tentang revolusi AI.

Ke depan, sangat krusial untuk memastikan bahwa semua pihak dapat merasakan faedah dari kemajuan teknologi AI nan bakal membawa Indonesia menuju era baru dalam bumi bisnis.

Bagaimana teknologi AI dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dan memberikan nilai tambah kepada pengguna menjadi tujuan perusahaan disertai dengan komitmen untuk terus berinovasi.

(rir)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com