Indonesia Bakal Tampil Berbeda di Opening dan Closing Ceremony Paralimpiade 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta- Paralimpiade 2024 bakal resmi dibuka Kamis (29/8/2024) awal hari WIB. Indonesia ikut berperan-serta pada arena olahraga untuk atlet penyandang disabilitas itu. Indonesia mengirimkan 35 atlet paralimpiade dari 10 bagian olahraga.

Kesepuluh cabor nan diikuti Indonesia di Paralimpiade 2024 adalah para bulu tangkis, para atletik, para panahan, boccia, judo tunanetra, para renang, para tenis meja, para balap sepeda, para angkat berat, dan para menembak.

Kontingen Indonesia bakal tampil berbeda pada parade pembukaan dan penutupan Paralimpiade 2024. Untuk penutupan sudah disiapkan kreasi unik oleh desainer Didiet Maulana nan dipercaya apparel Mills. Desain nan diusung Didiet melalui IKAT Indonesia sebagai perwujudan keelokan dan kekayaan budaya nusantara.

Desain kostum ini pun didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta National Paralympic Committee Indonesia (NPC). Ada tiga busana nan bakal dipakai atlet Indonesia pada parade penutupan Paralimpiade 2024 meliputi jaket, kaus jersey, dan celana panjang, nan semuanya mengusung konsep berjudul "Sandya Niskala".

Dalam Bahasa Sansekerta, "Sandya" berarti persatuan, sementara "Niskala" berfaedah kuat dan kokoh.

Konsep ini dihadirkan sebagai gambaran Indonesia sebagai negara kepulauan nan kaya bakal budaya dan nilai-nilai luhur nan menjunjung tinggi persatuan.

Didiet mempersiapkan jersey unik untuk atlet Paralimpiade 2024 ini dalam waktu singkat, hanya enam pekan. Namun lantaran semangat membantu perjuangan para atlet, semuanya bisa diselesaikan dengan baik.

"Agak terburu-buru. Biasanya kita mempersiapkan lebih panjang tapi lantaran suntikan semangat dan misi memberikan booster ke atlet maka jadilah dalam beberapa minggu. Paksakan dirimu hingga pemisah maksimal," tutur Didiet dalam bertemu pers di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Rabu (28/8/2024).

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga