Ilkay Gundogan Tutup Karier di Timnas Jerman, Juga Bakal Tinggalkan Barcelona?

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Ilkay Gundogan mengumumkan pensiun dari sepak bola Internasional setelah memimpin Jerman sebagai kapten di Euro 2024.

Gelandang Barcelona berumur 33 tahun itu mencetak 19 gol dalam 82 penampilan Internasional dan mengumumkan keputusannya di akun media sosial pribadi.

"Setelah beberapa minggu mempertimbangkan, saya sampai pada konklusi bahwa sudah waktunya untuk mengakhiri pekerjaan tim nasional," tulisnya.

"Saya memandang kembali dengan penuh kebanggaan 82 pertandingan internasional untuk negara, sebuah nomor nan tidak pernah saya impikan ketika melakoni debut untuk tim nasional senior pada tahun 2011."

Gundogan mengikuti jejaknya Thomas Muller nan pensiun dari tim nasional setelah Euro 2024, ketika Jerman tersingkir oleh Spanyol di perempat final. Kedua pemain ini menutup babak dalam pekerjaan Internasional mereka setelah menjalani periode sulit.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Bangga Pimpin Jerman di Euro 2024

Pada Piala Dunia 2018, keduanya kandas membantu Jerman mencapai babak gugur. Jerman lampau kalah dari Inggris di babak 16 besar Euro 2020.

"Yang paling berkesan bagi saya adalah kehormatan besar lantaran bisa memimpin tim sebagai kapten pada Euro 2024 di kandang sendiri," ungkapnya.

"Tetapi apalagi sebelum turnamen, saya merasakan kelelahan tertentu di tubuh dan juga di kepala saya, nan membikin saya berpikir. Sedangkan jumlah pertandingan di tingkat klub dan nasional tidak berkurang."

"Saya pasti bakal terus menjadi fans tim nasional dan saya sangat berambisi kita dapat melanjutkan tren positif ini bersama-sama. Tidak ada nan dapat menghentikan kita untuk menjadi salah satu pesaing utama untuk meraih gelar di Piala Dunia 2026. Kita mempunyai pembimbing nan fantastis, skuad nan sangat kuat, dan semangat tim nan hebat." sambungnya.

Masa Depan Ilkay Gundogan di Barcelona

Selain timnas, masa depan Gündogan di Barcelona juga belum jelas. Laporan media Spanyol mengatakan bahwa Gündogan bakal pergi sebelum bursa transfer ditutup, hanya memperkuat setahun setelah didatangkan dari Manchester City.

Namun, manajer Barcelona Hansi Flick percaya Gundogan tetap memperkuat berbareng tim musim ini. Beberapa sumber dari ESPN mengungkapkan bahwa Gundogan bakal berbincang ketika waktunya sudah tepat, meskipun untuk saat ini dia menegaskan niatnya untuk memperkuat di Barcelona.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga