Ikut Latihan Bareng Timnas Indonesia, Calvin Verdonk Segera Jalani Sidang Komisi X dan III DPR RI

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal makin handal berkah kehadiran penggawa naturalisasi baru dalam waktu dekat.

Pemain NEC Nijmegen Calvin Verdonk, nan sudah ikut dalam sesi laithan skuad Garuda pada Jumat (31/5/2024), dijadwalkan segera menjalani sidang Komisi X dan III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Senin (3/6/2024) demi bisa mendapat status WNI.

Seperti diketahui, PSSI selaku federasi sepak bola Tanah Air memang cukup gencar melakukan naturalisasi demi menambah kekuatan tim dalam beberapa waktu terakhir.

Nama-nama seperti Justin Hubner, Rafael Struick, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, hingga Jay Idzes sukses menambah warna dkuad racikan Shin Tae-yong sekaligus memotivasi perkembangan para pemain lokal.

Teranyar, Calvin Verdonk bakal menambah panjang daftar penggawa keturunan di Timnas Indonesia. Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji mengungkap bek kiri berumur 27 tahun itu bakal menjalani sidang di DPR RI awal pekan depan.

"Ya (Senin sidang Komisi X dan III DPR RI)," ucap Sumardj saat ditemui awak media saat sela-sela sesi latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) pada Jumat (31/5/2024), seperti dilansir dari Antara.

"Ini sedang proses berjalan, kelak kita ikuti perkembangannya," sambung laki-laki kelahiran 12 Februari 1972 itu.

Berita Video, Erick Thohir pastikan proses naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven sedang berjalan

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sudah Ikut Latihan ke Timnas Indonesia

Meski belum menyandang status WNI, Calvin Verdonk sudah terlihat ikut berlatih berbareng Timnas Indonesia jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 area Asia. Dia muncul di Stadion Madya GBK berbareng rekan-rekan barunya pada Jumat (31/5/2024).

Sebagai catatan, Calvin Verdonk tetap kudu melalui beberapa tahapan lagi untuk bisa memperkuat skuad Garuda. Setelah menyelesaikan sidang di Komisi X dan Komisi III DPR RI, rekomendasi persetujuannya bakal disampaikan dalam rapat paripurna untuk diambil keputusan.

Setelah itu, Calvin baru bisa menjalani sumpah di Kementerian Hukum dan HAM. Dia kemudian perlu mengurus pembuatan identitas WNI berupa KTP dan paspor sebelum diizinkan bermain untuk Timnas Indonesia.

STY Mulai Pantau Kondisi Calvin Verdonk

PSSI sendiri sejauh ini tetap belum bisa memastikan nasib Calvin Verdonk di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina. Sang pemain berpotensi tak bisa dimainkan andaikan proses naturalisasinya belum tuntas.

Walau begitu, Sumardji menjelaskan keikutsertaan dia dalam sesi latihan Timnas Indonesia sudah sejalan dengan permintaan pembimbing Shin Tae-yong. Juru strategi asal Korea Selatan memang mau memantau langsung kondisi Calvin Verdonk, terlepas dari ketersediaannya di laga awal Juni.

"Saya perlu sampaikan bahwa hari ini, Verdonk sudah ikut latihan dengan timnas. Memang itu kemauan Pak Ketum PSSI (Erick Thohir), tentu atas permintaan Shin Tae-yong, agar Verdonk bisa bergabung, dan Alhamdulillah pagi ini sudah bergabung," ungkap Sumardji, dikutip dari Antara.

"Tujuannya (Verdonk ikut latihan) agar Coach Shin tahu kondisi dia dan dia bisa menyatu (dengan tim), sembari menunggu proses naturalisasi nan sedang dilakukan federasi," imbuhnya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga