Hasil Sepak Bola Olimpiade 2024: Bungkam Guinea, Gol Killian Sildillia Bawa Prancis ke Perempat Final

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Prancis sukses menyegel tiket ke perempat final sepak bola Olimpiade 2024 usai menang tipis 1-0 atas Guinea pada laga kedua grup A di stadion Allianz Riviera, Minggu (28/7/2024). Satu gol dari bek Prancis muda Killian Sildillia sukses membungkam Guinea nan tampil spartan.

Kemenangan ini membikin Prancis mengoleksi 6 poin dari dua laga. Les Bleus ada ranking pertama dan susah digeser tim lain di grup A sepak bola Olimpiade 2024 setelah sebelumnya juga menang 3-0 atas Amerika Serikat.

Jalannya Pertandingan

Guinea buka kesempatan emas lewat Algassime Bah di menit ke-9. Tembakan kaki kirinya tetap bisa ditepis pemain Prancis.

Aleix Moriba membuka kesempatan Guinea lewat umpan tarik di menit ke-29. Maksud hati mengumpan Bah, tapi Lukeba sukses memotongnya sehingga skor tetap 0-0.

Prancis kandas manfaatkan kesempatan lewat Jean Philippe Mateta di menit ke-34. Tembakan kaki kirinya tetap bisa diblok pemain Guinea.

Pada menit ke-40, kesempatan Mateta juga mentah lantaran sundulannya tepat ke arah kiper Guinea. Dia kandas manfaatkan umpan manis dari Michael Olise.

Guinea sempat berteriak-teriak saat Abdoulaye Toure mencetak gol lewat sundulan di menit ke-45+1. Dia manfaatkan umpan dari Amadou Diallo tapi gol dianulir lantaran satu pemain Guinea offside.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Prancis melawan Guinea tetap bertahan. Bagaimana babak kedua?

Berita video Scroll Up kali ini membahas tentang atlet Judo Iraq, terkonfirmasi positif menggunakan doping dan pihak penyelenggara memutuskan untuk mendiskualifikasi atlet tersebut.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Babak Dua Prancis vs Guinea

Pergerakan Aliou Balde di menit ke-54 begitu berbahaya. Namun umpannya di kotak penalti kandas disambut rekan-rekannya.

Prancis menarik dua pemain sekaligus ialah Akliouche dan Mateta di menit ke-60. Keduanya digantikan oleh Enzo Milliot dan Arnaud Kalimuendo Apakah ada perubahan dari skuad Thierry Henry musuh Guinea?

Prancis kalah garang dari Guinea. Jumlah tembakan mereka malah lebih sedikit 9 dari Guinea nan bisa melepas 10 tembakan hingga menit ke-70. Skor 0-0 belum juga pecah.

Prancis akhirnya pecah telur lewat gol dari Killian Sildilia. Dia sukses membikin skor 1-0 untuk Prancis usai sundulannya manfaatkan umpan Michel Olise menembus sisi kanan gawang Guinea.

Guinea mencoba peruntungan lewat Algassime Bah di menit ke-90+1. Tapi tembakannya dari luar kotak penalti tetap bisa diamankan kiper Prancis.

Hingga pertandingan berhujung dengan tambahan enam menit, skor 1-0 untuk kemenangan Prancis tetap bertahan.

Susunan Pemain Prancis vs Guinea

Prancis (4-3-1-2): Restes; Slidilia,Bade, Lukeba, Truffert; Akliouche, Kone, Chotard; Olise; Mateta, Lacazette

Guinea (3-4-3): Sylla; Cisse, Soumah, Keita; Balde, Diawara, Toure, Diallo; Keita, Bah, Moriba

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga