Hasil Kerja I Satgas Impor Ilegal: Amankan HP-Baju 'Gelap' Rp40 M

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 26 Jul 2024 17:00 WIB

Kementerian Perdagangan mengamankan peralatan impor terlarangan nan berada di penyimpanan penyimpanan di Penjaringan, Jakarta Utara. Total nilainya mencapai Rp40 miliar. Kementerian Perdagangan mengamankan peralatan impor terlarangan nan berada di penyimpanan penyimpanan di Penjaringan, Jakarta Utara. Total nilainya mencapai Rp40 miliar. (CNN Indonesia/Sakti Darma Abhiyoso).

Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Perdagangan mengamankan barang impor ilegal nan berada di penyimpanan penyimpanan di Penjaringan, Jakarta Utara. Total nilainya mencapai Rp40 miliar.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan penyitaan peralatan impor terlarangan tersebut adalah hasil pertama dari Satuan Tugas (Satgas) Impor Ilegal nan baru dibentuk pekan lalu.

"Ini hasil kerja pertama satgas. Satgas nan memberantas produk-produk nan diduga ilegal. Nah, hari ini di tempat ini hasil investigasi sementara ditemukan barang-barang nan tadi kita lihat ini, senilai Rp40 miliar rupiah lebih," ujar Zulkifli nan juga menjabat sebagai Penasihat Satgas di Jakarta Utara, Jumat (26/7).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, tindakan impor terlarangan ini dilakukan oleh penduduk negara asing. Namun, dia tidak merinci asal negara peralatan maupun importirnya.

"Nah, sekali lagi hasil indikasi sementara rupanya ini importirnya orang asing. Bayangkan kita sudah sejauh itu dimasuki oleh penduduk negara asing nan berdagang di tempat kita," jelasnya.

Barang nan diamankan paling banyak busana jadi baru senilai Rp20 miliar. Sehingga, jika tidak ditindak, maka bakal makin menghancurkan industri dalam negeri.

"Pakaian jadi semua itu. Kalau begitu ya rontok dong industri dalam negeri, mereka nggak bayar pajak, jual online gak perlu bayar sewa toko, negara bisa berkurang banyak pendapatannya, industri dalam negeri rontok," imbuhnya.

Secara rinci, peralatan nan diamankan terdiri dari elektronik (hp dan tablet) senilai Rp2,7 miliar, busana jadi Rp20 miliar, elektronik lainnya Rp12,3 miliar dan mainan anak-anak Rp5 miliar.

"Totalnya lebih kurang Rp40 miliar," pungkasnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com