Hasil Final Euro 2024: Spanyol Tekuk Inggris 2-1, La Roja Rebut Gelar Juara Piala Eropa untuk Keempat Kali

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Timnas Spanyol sukses menjadi juara Euro 2024 usai menang 2-1 atas Inggris pada laga final nan berjalan di stadion Olympia, Berlin, Senin (15/7/2024). Dua gol Spanyol dicetak oleh Nico Williams dan Mikel Oyarzabal.

Ini menjadi gelar keempat Spanyol di Piala Eropa. Sebelumnya, La Roja juara di 1964, 2008 dan 2012. Sedangkan Inggris lagi-lagi belum bisa merasakan gelar juara di Euro 2024 kali ini.

  • Jadwal Lengkap Euro 2024 dan Hasil Babak 16 Besar, 8 Besar, Semifinal, Final

  • Jadwal Lengkap Euro 2024, Hasil, Klasemen Grup A, B, C, D, E, F Cek di Sini

  • Hasil Euro 2024: Tekuk Belanda 2-1, Inggris Jumpa Spanyol di Final

Jalannya Pertandingan Spanyol vs Inggris

Spanyol dan Inggris tetap mencari-cari celah di pertahanan musuh selama empat menit pertama. Maka itu tak ada percobaan tembakan alias kesempatan apapun.

Spanyol mencoba kesempatan pertama lewat Nico Williams di menit ke-5. Melepas tembakan dari sisi kiri tapi bisa dihalau John Stones.

Inggris sukses memaksa Spanyol untuk lebih banyak kuasai bola hingga menit ke-10. Di sisi lain, Nico Williams punya kesempatan emas untuk menembak tapi John Stones dengan sigap membloknya di menit ke-12.

Tembakan itu menghasilkan corner. Robin Le Normand kandas manfaatkan umpan dari tendangan perspektif dengan baik di menit ke-13 lantaran tendangan saltonya meleset.

Inggris mendapatkan kesempatan saat Kyle Walker melepas umpan tarik di menit ke-15, tapi tetap diblok sehingga menghasilkan corner. Skor tetap tetap 0-0 antara Spanyol melawan Inggris.

Fabian Ruiz buka kesempatan emas di menit ke-28. Namun tembakan kaki kanannya nan membentur kaki pemain Inggris dengan mudah bisa diamankan oleh Jordan Pickford.

Spanyol mendominasi penguasaan bola dengan 70 persen. La Roja juga ciptakan lebih banyak tembakan 4 ( 1 ditepis) dan tendangan perspektif 3, tapi belum berbuah gol hingga mennit ke-30.

Alvaro Morata nyaris mendapatkan kesempatan usai maksimalkan umpan Fabian Ruiz di menit ke-43. Inggris jarang melepas tembakan tapi mereka sudah enam kali mendapatkan tendangan bebas.

Tendangan bebas terakhir di menit ke-45 nyaris berbuah gol. Untung saja tendangan Phil Foden tak jeli sehingga mudah diantisipasi Unai Simon.

Hingga babak pertama berakhir, skor 0-0 antara Spanyol melawan Inggris tetap bertahan. Siapa nan bisa cetak gol di babak kedua?

Berita video gelandang Timnas Inggris, Declan Rice, mengutarakan bahwa pergerakan Lamine Yamal dari sisi sayap Timnas Spanyol, bisa menjadi ancaman gawang The Thress Lions jelang Final Euro 2024.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Babak Dua Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024

Spanyol menggebrak di babak kedua. Nico Williams membikin skor jadi 1-0 untuk Spanyol lewat golnya di menit ke-47 usai manfaatkan umpan Lamine Yamal.

Dani Olmo nyaris mencetak gol lagi untuk Spanyol di menit ke-39. Kali ini, tendangannya belum jeli lantaran tetap melebar. Inggris pasti lega tak kebobolan lagi!

Nico Williams lagi-lagi membuka kesempatan di menit ke-56. Manfaatkan umpan Fabian Ruiz, tembakan Nico kali ini tetap melebar.

Jude Bellingham mencoba buka kesempatan di menit ke-64. Mendapatkan ruang tembakn usai bergerak memutar, tembakannya tetap melebar dari gawang Spanyol.

Spanyol nyaris menambah gol lewat serangan kembali cepat. Manfaatkan umpan Dani Olmo, tembakan Lamine Yamal di menit ke-66 tetap bisa ditepis sehingga skor tetap 1-0.

Spanyol sukses membombardir pertahanan Inggris. Giliran Fabian Ruiz coba lepas tembakan jarak jauh nan tetap melambung di atas gawang.

Inggris kembali membuktikan pergantian pemain jadi kunci. Cole Palmer mengubah skor jadi 1-1 usai tendangan kerasnya dari luar kotak penalti di menit ke-73 menembus gawang Spanyol.

Lamine Yamal kembali digagalkan Jordan Pickford di menit ke-82. Dia nyaris saja membikin gol kedua Spanyol jika tidak ditepis kiper Everton ini. Total, Pickford sudah lakukan 4 save.

Spanyol akhirnya sukses membikin skor jadi 2-1 usai Mikel Oyarzabal cetak gol di menit ke-86 usai manfaatkan Marc Cucurella.

Hingga pertandingan berakhir, Spanyol sukses mempertahankan skor 2-1. Ini menjadi kesuksesan luar biasa buat generasi baru La Furia Roja.

Susunan Pemain Spanyol vs Inggris

Spanyol (4-2-3-1): Simon; Carvajal, Le Normand, Laporte, Cucurella; Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Dani Olmo, Nico Williams; Alvaro Morata

Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Marc Guehi; Bukayo Saka, Kobie Mainoo, Rice, Shaw; Foden, Jude Bellingham; Harry Kane

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga