Hasil Euro 2024: Tekuk Belanda 2-1, Inggris Jumpa Spanyol di Final

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris sukses melaju ke final Euro 2024 usai menang 2-1 atas Belanda pada laga semifinal nan berjalan di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024). Dua gol Inggris dicetak oleh Harry Kane dan Ollie Watkins.

Belanda sempat unggul lebih dulu lewat Xavi Simons tapi kandas menambah gol. Dengan kemenangan ini, Inggris bakal bertemu Spanyol di laga final Euro 2024.

  • Jadwal Lengkap Euro 2024, Hasil, Klasemen Grup A, B, C, D, E, F Cek di Sini

  • Jadwal Lengkap Euro 2024 dan Hasil Babak 16 Besar, 8 Besar, Semifinal, Final

  • Hasil Euro 2024: Diwarnai Gol Indah Lamine Yamal, Spanyol Tekuk Prancis 2-1 untuk Tiket Final

Jalannya Pertandingan Inggris vs Belanda

Inggris dan Belanda main dalam tempo pelan di 3 menit awal perrtandingan. Belanda mencoba serangan kembali di menit ke-4, tapi bola kandas dijangkau Donyell Malen.

Belanda mengubah skor menjadi 1-0 lewat serangan kembali sigap di menit ke-7 Xavi Simons nan mendapatkan ruang tembak di luar kotak penalti bisa melepas tembakan keras nan meluncur mulus ke sisi kiri gawang Jordan Pickford.

Inggris buka kesempatan lewat tendangan bebas nan dieksekusi Phil Foden. Tembakannya di menit ke-11 tetap bisa dengan mudah diblok pemain Belanda.

Harry Kane mencoba peruntungan lewat tendangan jarak jauh di menit ke-13. Tembakannya bisa ditepis Verbruggen dengan baik. Kane melepas tembakan lagi di menit ke-14 di dalam kotak penalti, tapi dilanggar Denzel Dumfries sehingga wasit putuskan tendangan penalti!

Harry Kane mengubah skor jadi 1-1 usai eksekusi penaltinya di menit ke-18 sukses masuk. Dia mengarahkan tendangan ke arah kiri gawang nan tak bisa dijangkau Verbruggen.

Setelah penalti, Inggris lebih banyak menyerang Belanda. Phil Foden nyaris saja membikin Inggris berbalik unggul di menit ke-23 tapi sontekannya tetap bisa dihalau Denzel Dumfries.

Denzel Demfries membikin kesempatan emas untuk Belanda di menit ke-30. Sundulannya sayang sekali mengenai tiang, manfaatkan umpan dari tendangan sudut.

Beigtupula dengan Phil Foden. Penyerang Inggris ini melepas tendangan melengkung nan tetap mengenai tiang di menit ke-32, nyaris saja cetak gol spektakuler seperti Lamine Yamal.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-1 antara Belanda melawan Inggris tetap bertahan. Siapa bisa cetak gol tambahan di babak kedua?

Jurnalis Bola.com (Gerendo Pradigdo) berkesempatan untuk menikmati wisata kuliner di restoran unik untuk fans Borussia Dortmund loh! Seperti apa keseruannya? Berikut video selengkapnya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Babak Dua Belanda vs Inggris di Euro 2024

Memasuki babak kedua, Inggris dan Belanda sama-sama turunkan pemain baru. Inggris menurunkan Luke Shaw gantikan Kieran Trippier, sedangkan Belanda mainkan Wout Weghorst untuk gantikan Donyell Malen.

Kedua tim sama-sama susah untuk menemukan celah di pertahanan lawan. Inggris dan Belanda tetap buntu sampai menit ke-52, baik untuk membuka kesempatan alias lepas tembakan.

Belanda mendapatkan kesempatan emas lewat Xavi Simons di menit ke-65. Manfaatkan tendangan bebas dari Joey Veerman, Simons sukses melepas tembakan nan tetap bisa ditepis Jordan Pickford.

 Pertandingan condong melangkah keras. Belanda membuka kesempatan lewat Cody Gakpo nan mencoba manfaatkan umpan terobosan, tapi Kyle Walker sukses mencetat bola di menit ke-74. Skor 1-1 antara kedua tim tetap bertahan.

Xavi Simons membuka kesempatan Belanda di menit ke-78. Tembakannya nan sempat memantul ke lapangan terlalu mudah diamankan Jordan Pickford.

Fans Inggris sempat berteriak-teriak saat Bukayo Saka cetak gol di menit ke-80. Namun Kyle Walker nan memberi umpan sudah berdiri offside.

Cole Palmer mendapatkan kesempatan emas di menit ke-88. Namun tembakan kaki kirinya tetap melambung sehingga skor 1-1 tetap bertahan. Apakah duel bakal bersambung di perpanjangan waktu?

Inggrs akhirnya mencetak gol kemenangan lewat Ollie Watkins di menit ke-90. Sambil membalikkan badan, dia membikin skor jadi 2-1 untuk Inggris lewat golnya.

Hingga pertandingan berakhir, Inggris sukses jaga kelebihan 2-1. Ini kali kedua secara beruntun Inggris lolos ke final Euro.

Susunan Pemain Belanda vs Inggris

Belanda (4-2-3-1): Verbruggen; Dumfries, Stevan de Vrij, Van Dijk, Ake; Schouten, Reijnders; Malen, Simons, Gakpo; Memphis Depay

Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford; Walker, John Stones, Guehi; Saka, Mainoo, Rice, Trippier; Foden, Bellingham; Harry Kane

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga