Hasil Euro 2024: Sikat Juara Bertahan Italia 2-0, Swiss Melaju Mulus ke Perempat Final

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Timnas Swiss sukses menjadi tim pertama nan lolos perempat final Euro 2024 usai menang 2-0 atas Italia pada laga nan berjalan di stadion Olympia, Sabtu (29/6/2024). Dua gol dari Swiss dicetak oleh Remo Freuler dan Ruben Vargas.

Hasil ini membikin Swiss tinggal menunggu lawan. Negara dengan jersey Utama merah ini bakal berjumpa pemenang antara Inggris melawan Slovakia pada laga perempat final Euro 2024.

  • Jadwal Lengkap Euro 2024, Hasil, Klasemen Grup A, B, C, D, E, F Cek di Sini

  • Jadwal Lengkap Euro 2024 dan Hasil Babak 16 Besar, 8 Besar, Semifinal, Final

  • Jadwal, Hasil, dan Klasemen Grup Euro 2024: Siapa Lolos ke Babak 16 Besar?

Jalannya Pertandingan

Italia cukup tertekan di dua menit pertama. Satu tendangan perspektif sukses didapatkan Swiss tapi belum berbuah gol.

Italia banyak melakukan pergantian pemain seperti masuknya Gianluca Mancini di posisi bek dan Stephane El Sharaawy di posisi depan.

Swiss dan Italia utamanya bermain dalam tempo sedang. Belum banyak kesempatan tercipta sampai menit ke-10. Xhaka mencoba buka kesempatan di menit ke-12 lewat umpan terobosan.

Namun Dan Ndoye kandas menahan bola dengan baik. Satu kesempatan Swiss pun terbuang dan belum sukses menjadi gol.

Italia membuka kesempatan lewat Cristante di menit ke-16. Mencoba lepas umpan Tarik, tapi tendangannya diblok Rodriguez sehingga hanya menghasilkan corner.

Breel Embolo mendapatkan kesempatan emas di menit ke-24. Sudah satu musuh satu dengan Donnarumma, tendangannya tetap isa diselamatkan kipper PSG itu sehingga skor tetap 0-0.

Federico Chiesa juga membahayakan pertahanan Swiss di menit ke-26. Menyerang dari kiri tak seperti biasanya, setelah meliuk-liuk, dia melepas tembakan nan tetap bisa diblok Akanji.

Sampai menit ke-35, Italia tak sekalipun melepas tembakan ke arah gawang Swiss. Sedangkan Swiss lepas 8 kali tembakan. Skor 0-0 hanya lantaran pertahanan Italia disiplin dan rapat, plus serangan Swiss belum maksimal.

Swiss akhirnya mengubah skor jadi 1-0 lewat gol dari Remo Freuler di menit ke-37. Manfaatkan umpan Ruben Vargas, Freuler sukses menaklukkan Donnarumma lewat tendangan kerasnya.

Hingga babak pertama berakhir, Swiss tetap unggul 1-0 atas Italia pada laga 16 besar Euro 2024. Bisakah Gli Azzurri membalas di babak kedua?

Berita Video, perjalanan Jurnalis Bola.com (Gerendo Pradigdo) ke Euro 2024 kali ini diwarnai dengan perihal menarik, di mana dia mendapat pengalaman unik di Qatar. Seperti apa ceritanya? Berikut video selengkapnya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Babak Dua Swiss vs Italia di Euro 2024

Swiss langsung menghentak lagi di awal babak kedua. Giliran Ruben Vargas mengubah skor menjadi 2-0 lewat golnya di menit k3-46.

Tak dijaga, Vargas melepas tendangan melengkung dengan kaki kanan nan melaju mulus masuk ke gawang di perspektif kiri atas gawang Italia nan dikawal Donnarumma. Tugas berat bagi Italia untuk mengejar ketertinggalan dua gol.

Swiss buka kesempatan lagi lewat tendangan spekulasi Dan Ndoye di menit ke-59. Kali ini tendangannya tetap melambung terlalu jauh di atas gawang.

Sampe menit ke-62, Italia tetap juga tak bisa melepas tembakan ke arah gawang Swiss. Italia sendiri melepas 4 kali tembakan nan tak terarah.

Luciano Spalletti mencoba untuk mengubah skor dengan memasukkan dua pemain bertipikal penyerang seperti Rotegui dan Mateo Zaccagni. Bisakah mereka mengubah kondisi Italia?

Italia mencoba lepas serangan lewat umpan-umpan silang. Namun semua serangan italia tetap terbaca termasuk tusukan dari Federico Chiesa dari kiri di menit ke-70.

Italia melepas tendangan pertama ke arah gawang lewat Rotegui. Namun tendangannya di menit ke-73 terlalu lemah sehingga mudah diantisipasi Yan Sommer. Begitu juga tendangan Scamacca nan mengenai tiang di menit ke-74. Italia tetap pusing kejar gol penyeimbang.

Italia tampil tanpa greget dan seperti tak antusias untuk kejar gol hingga menit ke-82. Sedangkan Swiss tetap memperkuat dan juga menyerang dengan rapi seperti tendangan Steven Zuber manfaatkan umpan Granit Xhaka di menit ke-83 nan sayangnya tetap melebar.

Hingga menit ke-89, Italia sudah melepas 25 umpan silang ke arah kotak penalty Swiss. Sedangkan Swiss hanya 14 kali, toh tetap menang 2-0.

Hingga pertandingan berakhir, Swiss sukses menjaga kelebihan 2-0. Sedangkan Italia kudu pulang lebih awal di Piala Eropa 2024.

Susunan Pemain Swiss vs Italia

Italia (3-4-2-1): Sommer; Schar, Akanji, Rodriguez; Aebischer, Freuler, Xhaka, Rieder; Vargas, Ndoye; Embolo

Italia (4-3-3): Donnarumma; Di Lorenzo, Mancini, Bastoni, Darmian; Cristante, Fagioli, Barella; Chiesa, Scamacca, El Shaarawy

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga