Hasil Euro 2024: Sempat Tertinggal, Belanda Tekuk Turki 2-1 dengan Dramatis

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Timnas Belanda sukses merebut tiket terakhir semifinal Euro 2024 usai mengalahkan Turki 2-1 pada laga perempat final nan berjalan di stadion Olympia, Minggu (7/7/2024). Dua gol dari Stefan de Vrij dan Cody Gakpo membawa Die Oranje berhasil musuh Turki.

Belanda menjadi kontestan pertama nan bisa lolos semifinal lewat waktu normal. Berkat kemenangan ini, Belanda bakal menghadapi Inggris di laga semifinal Euro 2024 nan berjalan pada Kamis, 11 Juli 2027 awal hari WIB. Duel ini bakal menentukan siapa nan melangkah ke final nanti.

Jalannya Pertandingan Belanda vs Turki

Belanda langsung menggebrak lewat tembakan Memphis Depay di menit ke-1. Turki beruntung tembakan Depay tetap jauh dari target.

Salih Ohcan kandas manfaatkan kesempatan Turki di menit ke-11. Di sisi lain, giliran Xavi Simons nan tembakannya melambung tinggi di menit ke-12.

Turki mendapatkan kesempatan emas saat Hakan Calhanoglu mengeksekusi tendangan bebas di menit ke-29. Bola diarahkan ke kotak penalti dan Berdakci kandas mengarahkan bola tepat sasaran.

Turki membangun serangan-serangan rawan lewat tendangan sudut. Pada menit ke-33, bola rebound hasil corner kandas dimanfaatkan Kenan Yildiz dengan baik.

Arda Guler kembali membikin assist krusial saat Samet Aykadin mencetak gol di menit ke-34. Bek Turki itu membikin skor jadi 1-0.

Belanda tetap kesulitan cetak gol penyeimbang. Hingga babak pertama berakhir, Turki tetap unggul 1-0. Bisakah "Timnas Pusat", julukan Belanda, membalas?

Motion Grafis hasil pertandingan Belanda Vs Prancis pada Sabtu (22/6/2024)

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Babak Dua Belanda vs Turki di Piala Eropa 2024

Belanda memasukkan Wout Weghorst di babak kedua dengan maksud menambah daya gedor lini serang. Dia gantikan Steven Bergwijn dan nyaris memberi assist saat sundulannya kandas disambar Memphis Depay di menit ke-51.

Baris Yilmaz nyaris membikin Arda Guler lolos dari penjagaan Nathan Ake. Bek Belanda ini terpaksa menjatuhkan Guler sehingga ciptakan tendangan bebas di menit ke-54.

Luar biasa Arda Guler! Tendangan kaki kirinya melengkung dan nyaris gol tapi bola mengenai tiang meski terlihat seperti ditepis Verbruggen. Turki tetap unggul 1-0 atas Belanda.

Turki nyaris mencetak gol lagi lewat tembakan keras Kenan Yildiz di luar kotak penalti pada menit ke-65. Untung saja, Verbruggen tetap bisa menahan bola sehingga skor tetap 1-0.

Wout Weghorst nyaris samakan skor di menit ke-70, tapi bisa ditepis. Kegagalan ini dibayar sigap oleh Stefan de Vrij nan mencetak gol lewat sundulan manfaatkan umpan Memphis Depay.

Belanda membikin skor jadi 2-1 lewat Cody Gakpo di menit ke-76. Gol terjadi dengan langkah tak sempurna lantaran Gakpo terjatuh saat menendang bola umpan Dezel Dumfries.

Cody Gakpo mendapatkan satu kesempatan emas di menit ke-89, tapi tembakannya tetap bisa ditepis Mert Gunok. Di sisi lain, Akturkoglu kembali kandas manfaatkan kesempatan usai sundulannya tetap melebar. Verbruggen juga tepis sontekan Semih Kilicsoy di menit ke-90+2, nyaris saja imbang!

Hingga pertandingan selesai, Belanda sukses mempertahankan skor 2-1 musuh Turki. Die Oranje punya kesempatan untuk mengukir prestasi seperti saat juara di Euro 1988 lalu.

Susunan pemain Belanda vs Turki

Belanda (4-2-3-1): Verbruggen; Dumfries, de Vrij, Van Dijk, Ake; Reijnders, Schouten; Bergwijn, Simons, Gakpo; Depay

Turki (4-2-3-1): Gunok; Muldur, Ayadin, Berdakci, Kadioglu; Ayhan, Ozcan; Guler, Calhanoglu, Yildiz; Yilmaz

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga