Hasil Euro 2024: Dramatis, Gol Niclas Fulkrug Bawa Jerman Imbangi Swiss

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Timnas Swiss secara dramatis kudu puas seri 1-1 melawan Jerman pada laga terakhir grup A nan berjalan di stadion Deutsche Bank Park, Frankfurt, Senin (24/6/2024) awal hari WIB. Swiss unggul lebih dulu lewat Dan Ndoye, tapi gol Niclas Fulkrug selamatkan posisi Jerman.

Jerman sukses memantapkan posisi puncak klasemen grup A Euro 2024 berkah hasil seri ini. Jerman sukses mengoleksi 7 poin, disusul Swiss di posisi dua dengan 5 poin. Hasil seri ini juga bisa hindarkan Jerman dari Inggris di babak 16 besar Euro nanti, jika Inggris ada di puncak klasemen grup C

  • Top 3 Berita Bola: 3 Tim Pastikan Tiket 16 Besar, Siapa Menyusul? Berikut Hasil, Klasemen, dan Jadwal Euro 2024

  • Jadwal, Hasil, dan Klasemen Grup Euro 2024: Siapa Lolos ke Babak 16 Besar?

  • Jadwal Lengkap Euro 2024, Hasil, Klasemen Grup A, B, C, D, E, F Cek di Sini

Jalannya Pertandingan Swiss vs Jerman

Jamal Musiala menciptakan kesempatan pertama untuk Jerman di menit ke-2. Dia memberi umpan terukur kepada Ilkay Gundogan, tapi gelandang Barcelona itu kandas menahan bola.

5 menit pertama pertandingan, Swiss terus mengganggu penguasaan bola pemain Jerman. Der Panzer tak leluasa untuk mengembangkan permainan.

Pertemuan Swiss vs Jerman menjadi nan pertama kali di event besar sejak 1966. Saat itu, Jerman sukses menang 5-0 atas Swiss. Sedangkan di luar event besar, Swiss tak pernah kalah dari Jerman di 3 pertemuan terakhir nan menghasilkan 15 gol.

Menit ke-12, Kai Havertz nyaris menyambar umpan Tarik dari Mittelstadt. Namun pertahanan Swiss bisa merebut bola dengan baik.

Jerman sempat mencetak gol lewat tendangan keras Robert Andrich di menit ke-18. Namun gol dianulir lantaran Jamal Musiala melanggar Aebischer sehingga skor tetap 0-0.

Swiss malah membikin kejutan di menit ke-28. Dan Ndoye sukses membikin Swiss unggul 1-0 usai manfaatkan umpan Remo Freuler. Ndoye nyaris membikin gol kedua di menit ke-30 tapi tetap melebar ke sisi kiri gawang Jerman.

Jerman mendominasi pertandingan sampai ke-37. Der Panzer melepas 4 kali tembakan dan 1 mengarah ke gawang dan kudu diselamatkan Yann Somer. Sedangkan Swiss hanya melepas dua kali tembakan dan 1 mengarah ke gawang nan merupakan kelebihan tim.

Kai Havertz buka kesempatan di menit ke-42 untuk Jerman. Mendapatkan umpan dari Jamal Musiala, tendangan Kai Havertz tetap melambung ke atas.

Hingga babak pertama berakhir, Swiss sukses menjaga kelebihan 1-0 atas Jerman. Apakah tuan rumah Piala Eropa 2024 ini bisa membalas di babak kedua?

Mulai dari Jerman tim pertama lolos ke 16 besar Euro 2024 hingga putaran terakhir PLN Mobile Proliga 2024, berikut sejumlah buletin menarik News Flash Sport Liputan6.com.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Babak Kedua Swiss vs Jerman di Euro 2024

Swiss membuka kesempatan emas di babak kedua lewat Silvan Widmer di menit ke-46. Sudah lolos dari penjagaan usai menerima umpan Breel Embolo, Widmer malah kandas kontrol bola dan terjatuh sendiri di kotak penalty.

Jerman membuka kesempatan lewat Jamal Musiala di menit ke-50. Sudah berdiri bebas di kotak penalti, tembakannya tetap bisa ditepis Yann Sommer.

Hingga menit ke-60, Jerman sudah melepas 10 kali tembakan dan 4 kali tendangan sudut. Namun itu belum berbuah gol, sedangkan Swiss hanya butuh dua tembakan untuk cetak gol. Luar biasa!

Julian Nagelsmann akhirnya menarik keluar Jonathan Tah dan Mittelstadt. Jerman munculkan tenaga baru David Raum dan Nico Schlottenberg. Bisa bawa perubahan?

David Raum langsung menguji ketangguhannya lewat tendangan aki kiri di menit ke-63. Tendangannya tetap melambung ke atas mistar gawang.

Jerman kandas manfaatkan kemelut di depan gawang di menit ke-70. Ada potensi penalty saat Breier ditahan Fabian Schar di kotak penalti tapi tidak dikabulkan setelah icek VAR.

Jerman memasukkan tenaga baru di lini depan Leroy Sane dan Niclas Fulkrug. Keduanya menggantikan Florian Ritz dan Jamal Musiala di menit ke-76.

Jerman membuka kesempatan lewat Leroy Sane di menit ke-82. Manfaatkan bola muntah tepisan Yann Somer, Sane kandas mengarah bola ke sisi kanan gawang Swiss.

Swiss nyaris saja berteriak-teriak saat Varga mencetak gol di menit ke-84. Namun dia dinyatakan offside sehingga skor tetap 1-0. Usaha keras Jerman akhirnya membuahkan hasil di menit injury time babak kedua usai Niclas Fulkrug cetak gol. Manfaatkan umpan David Raum, Fulkrug membikin skor jadi 1-1.

Hingga pertandingan berakhir, Jerman bisa bernapas lega lantaran bisa seri 1-1 musuh Swiss di laga terakhir grup A. Der Panzer bisa hindari musuh susah di babak 16 besar Euro 2024.

Susunan Pemain Swiss vs Jerman

Swiss (3-4-2-1): Sommer; Schar, Akanji, Rodriguez; Wadmer, Freuler, Xhaka, Aebicher; Rieder, Ndoye; Embolo

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Kimmich, Rudiger, Tah, Mittelstadt; Andrich, Toni Kroos; Musiala, Ilkay Gundiogan, Florian Wirtz; Kai Havertz

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga