Hasil Euro 2024: Belgia Segel Tiket 16 Besar Meski Imbang 0-0 Lawan Ukraina

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Timnas Belgia hanya meraih satu poin usai seri 0-0 melawan Ukraina pada laga terakhir grup E nan berjalan di stadion Stuttgart Arena, Rabu (26/6/2026). Tak ada gol tercipta dari kedua pertandingan, tapi ini menguntungkan buat kedua tim.

Belgia sukses merebut posisi kedua sehingga lolos langsung ke 16 besar Euro 2024. Sedangkan Ukraina jaga peluang, meski tetap menunggu hasil di grup F.

  • Hasil Euro 2024: Imbang 1-1 Lawan Slovakia, Rumania Rebut Puncak Klasemen Grup E

  • Jadwal, Hasil, dan Klasemen Grup Euro 2024: Siapa Lolos ke Babak 16 Besar?

  • Jadwal Lengkap Euro 2024, Hasil, Klasemen Grup A, B, C, D, E, F Cek di Sini

Jalannya Pertandingan Ukraina vs Belgia

Ukraina punya kesempatan nan sama dengan Belgia meski berada di posisi 4 klasemen grup E lantaran sama sama mengoleksi 3 poin. Maka itu, negeri nan sedang perang dengan Rusia itu ngotot untuk mengincar kemenangan.

Menit ke-1, Ukraina sudah membikin peluang. Namun penyelesaian akhir dari Yaremchuk belum sempurna. Di momen lain, Belgia sukses membuka kesempatan lewat Romelu Lukaku di menit ke-7.

Mendapatkan umpan terobosan dari Kevin de Bruyne, Lukaku sudah lepas dari kawalan pemain Ukraina. Tembakannya hanya saja tetap bisa ditepis.

Ukraina melepas tembakan pertama lewat Dovbyk di menit ke-21. Mendapatkan umpan ari Yaremchuk, tembakan striker Girona dari luar kotak penalty itu tetap melebar.

Kevin De Bruyne membikin tendangan spekulasi nan mengejutkan di menit ke-33. Lewat tendangan bebas, De Bruyne memilih untuk menembak langsung ke arah gawang tapi tetap menyamping.

Belgia lebih unggul dalam jumlah tembakan di babak pertama dengan 7 dan 3 diantaranya mengarah ke gawang. Namun hingga babak pertama berakhir, Belgia tetap tertahan 0-0 musuh Ukraina. Bisa berubah di babak kedua?

Berita video Belgia sukses meraih poin penuh pertamanya di Grup E Euro 2024, usai taklukkan Rumania dengan skor 2-0, hari Minggu (23/6/2024) awal hari WIB.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Babak Dua Ukraina vs Belgia

Youri Tielemans langsung buka kesempatan dua kali. Di menit ke-52 dan 53, dia melepas tembakan nan tetap bisa diblok. Skor pun tetap 0-0.

Pertahan Ukraina cukup rapat untuk meredam serangan Belgia nan sudah melepas 10 tembakan. Hanya 3 tembakan nan mengarah ke gawang.

Romelu Lukaku sementara itu kandas menyambar bola umpan Tarik Jeremy Doku di menit ke-58. Lukaku tampak kecewa tak bisa memanfaatkan kesempatan itu.

Kalau skor 0-0 memperkuat hingga pertandingan berakhir, Ukraina dan Belgia berkesempatan sama-sama lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Begitu juga dengan Slovakia nan tetap seri 1-1 musuh Rumania.

Romelu Lukaku tinggalkan menaklukkan satu pemain Ukraina di menit ke-65. Setelah sukses mengecoh, tembakan menyusur tanahnya terlalu lemah sehingga mudah diselamatkan.

Yannick Carrasco terlalu egois untuk melepaskan tembakan di menit ke-67. Manfaatkan umpan sigap dari Lukaku, Carrasco tak memilih umpan De Bruyne nan kosong, tapi dia terlalu lama menggocek bola sehingga sigap diantisipasi pemain Ukraina.

 Carrasco Kembali membuka kesempatan di menit ke-73. Kali ini tembakannya tetap bisa ditepis Trubin dengan baik sehingga skor tetap 0-0.

Ukraina dan Belgia sama-sama saling serang. Maka itu, statistic mereka hingga menit ke-78 tidak berbeda terlalu jauh.

Rusian Malinovski nyaris saja membikin gol dari tendangan sudut. Melihat Casteels agak ke depan, dia membikin kiper Belgia gugup tapi bisa menghalau bola keluar di menit ke-83. Momen penting, tapi skor tetap 0-0.

Hingga bertandingan berakhir, skor tetap 0-0. Belgia beruntung, sedangkan Ukraina tetap kudu menunggu hasil di grup lain.

Susunan Pemain Ukraina vs Belgia

Ukraina (5-3-2): Trubin; Tymchyk, Zabarnyi, Svatok, Matviyenko, Mykolenko; Shaparenko,Brazhko, Sudakov; Yaremchuk, Dovbyk

Belgia (4-2-3-1): Casteels; Castagne, Faes, Vertonghen, Theate; Tielemans, Onana; Doku, De Bruyne, Trossard, Lukaku

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga