Hasil Drawing Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Timnas Indonesia Ditunggu Jepang dan Australia

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akhirnya resmi mengetahui lawan-lawannya di putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 area Asia nan bergulir mulai September mendatang.

Kepastian ini diperoleh setelah sesi drawing untuk menentukan pembagian grup dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis (27/6/2024) pukul 14.00 WIB, dengan dipandu reporter olahraga Colette Wong serta dipimpin oleh Chief Tournament Officer Piala Dunia 2026 Amerika Serikat, Manolo Zubiria.

Hasilnya, pasukan Garuda kudu berduel dengan lawan-lawan berat demi berburu tiket ke putaran final. Timnas Indonesia bakal bersaing di grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Seperti diketahui, skuad Garuda sebelumnya tampil cukup cemerlang dalam ronde 2 FIFA World Cup 2026 Qualifiers. Skuad racikan Shin Tae-yong sempat kesulitan di laga-laga awal, tetapi sukses mengamankan tiket putaran selanjutnya setelah finis sebagai urutan 2 klasemen grup F.

Timnas Indonesia mengumpulkan total 10 poin dari 6 pertandingan, dengan rincian 3 kemenangan, 1 hasil imbang, dan 2 kekalahan. Mereka unggul 4 nomor dibanding rival sengitnya Vietnam di ranking 3, serta terpaut 8 poin dari Irak nan sukses menyapu bersih seluruh kemenangan dan menempati puncak klasemen.

Hasil itu sekaligus mengantar pasukan Merah Putih otomatis lolos ke putaran final Piala Asia 2027. Skuad Garuda pun satu langkah lebih dekat dengan kejuaraan sepak bola terakbar dunia, di mana patokan terbaru memungkinkan Asia mempunyai 8+1 wakil dalam FIFA World Cup 2026 mendatang.

Sekadar informasi, Indonesia sebelumnya masuk dalam pot 6 untuk pengundian putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Seluruh peserta selanjutnya dibagi ke dalam 3 grup nan masing-masing terdiri atas 6 tim, dengan dua ranking teratas bisa langsung tembus ke putaran final kompetisi.

Adapun tim urutan 3 dan 4 nantinya tetap berkesempatan memperebutkan tiket Piala Dunia 2026 dengan berperan-serta lagi dalam putaran keempat kualifikasi. Sebanyak 2 tim juara grup di putaran empat bakal diambil untuk mendampingi 6 negara sebelumnya. Sementara itu, 1 sisanya bakal dikirim mengikuti play-off antarbenua.

Timnas Indonesia sukses mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 pada laga pamungkas Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan timnas Indonesia vs Filipina berjalan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan...

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Pembagian Pot Undian Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Pot 1: Jepang, Iran, Korea Selatan

Pot 2: Australia, Qatar, Irak

Pot 3: Arab Saudi, Uzbekistan, Yordania

Pot 4: Uni Emirat Arab, Oman, Bahrain

Pot 5: China, Palestina, Kirgizstan

Pot 6: Korea Utara, Indonesia, Kuwait

Hasil Lengkap Drawing Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Grup A: Iran, Qatar, Uzbekistan, Uni Emirat Arab, Kirgizstan, Korea Utara

Grup B: Korea Selatan, Irak, Yordania, Oman, Palestina, Kuwait

Grup C: Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, China, Indonesia

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga