Hasil Angkat Besi Olimpiade 2024: Unggul di Clean and Jerk, Rizki Juniansyah Rebut Emas

Sedang Trending 2 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Atlet angkat besi Indonesia Rizki Juniansyah sukses merebut emas Olimpiade 2024 usai menjadi nan terbaik di nomor 73 kg putra. Dia unggul di clean and jerk sehingga sukses mengangkat total 354 kg.

Dia unggul dari atlet Thailand Wichuma Weerapon nan secara dahsyat mengangkat 196 kg dan sempat menyamai poin Rizki di 346 kg sebelum percobaan kedua. Posisi ketiga diraih atlet Bulgaria Bohzidar Dimitrov Andreev dengan total angkatan 344 kg.

Hal ironis terjadi kepada atlet China Shi Ziyong. Terbaik di angkatan snatch pada cabor angkat besi 73 kg putra Olimpiade 2024, tapi dia kandas total di clean and jerk sehingga berada di posisi ke-11.

Angkatan Snatch

Rizki Juniansyah memulai percobaan pertama snatch dengan angkatan 155 kg tapi belum berhasil. Rizki akhirnya sukses mengangkat 155 kg di percobaan kedua.

Angkatan ini tetap bisa disamai atlet angkat besi Kolombia nan mengangkat 155 kg di percobaan ketiga. Rizki Yuniansyah bakal mencoba angkat 162 kg di percobaan ketiga, tapi kandas diangkatnya.

Awalnya, Rizki mencoba untuk lewati angkatan atlet China Shi Ziyong nan sukses angkat 161 kg di percobaan pertama, tapi gagal. Ini artinya angkatan terbaik Rizki Juniansyah 155 kg berada di posisi dua, sedangkan Luis Mosquera asal Kolombia posisi ketiga.

Shi Ziyong sempurna lantaran juga sukses mengangkat 165 kg di percobaan kedua. Dia kandas pecahkan rekor angkat 168 kg di percobaan ketiga.

Ada 12 atlet angkat besi nan sukses lolos ke final nomor 73 kg putra. Atlet angkat besi tuan rumah Bernardin Kingue Matam belum bicara berbincang banyak.

Di angkatan snatch, dia hanya bisa mengangkat beban terbaik 145 kg sampai percobaan ketiga. Satu atlet dari Latvia Ritvars Suharevs tidak finis lantaran mengalami cedera di pertarungan angkat besi Olimpiade 2024.

Berita video atlet angkat besi wakil Indonesia, Rizki Juniansyah, berkeinginan untuk bawa pulang lencana emas dari cabor angkat besi dan cetak sejarah baru di Olimpiade 2024 Paris.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga