Hansi Flick Resmi Jadi Pelatih Barcelona, Ini Durasi Kontraknya

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Hansi Flick resmi menjadi pembimbing baru Barcelona dengan perjanjian dua tahun. Dia menggantikan Xavi Hernandez nan diberhentikan pekan lalu.

"Kami mencapai kesepatakan dengan Flick menangani tim utama hingga 30 Juni 2026," tulis keterangan resmi klub, Rabu (29/5/2024).

Flick tiba di Barcelona sehari sebelumnya. Dia menganggur sejak diberhentikan sebagai manajer timnas Jerman sejak September tahun lalu.

Presiden Barcelona Joan Laporta dilaporkan sudah lama mengagumi keahlian Flick. Pada tahun 2021, Laporta sempat berupaya merekrut Flick untuk menggantikan Ronald Koeman. Namun, pada waktu itu, Flick tetap melatih Bayern Munchen dan telah berkomitmen untuk mengambil alih timnas Jerman.

Negosiasi antara Barcelona dan Flick kembali mengemuka pada awal tahun 2024 setelah Xavi mengumumkan bakal mundur akhir musim ini. Harapan Flick untuk mengambil alih bangku kepelatihan di Camp Nou sempat meredup ketika Barcelona mengumumkan Xavi bakal memenuhi kontraknya hingga 2025 pada April.

Namun, situasi berubah drastis ketika Laporta memutuskan untuk memecat Xavi yang mempertanyakan keahlian klub bersaing lantaran kondisi jelek finansial klub.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Reputasi Hansi Flick Bikin Barcelona Kagum

Flick membawa pengalaman dan prestasi nan mengesankan dalam bumi sepak bola. Sebagai asisten Joachim Low di tim nasional Jerman, dia memainkan peran krusial dalam kemenangan mereka di Piala Dunia 2014.

Saat menjadi pembimbing kepala Bayern Munchen, Flick menikmati kesuksesan besar, termasuk menjadi treble winners 2020, nan mencakup gelar Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions. Dia juga mengarsiteki kemenangan historis 8-2 Bayern atas Barcelona pada Agustus empat tahun lalu.

Namun, karir Flick berbareng tim nasional tidak melangkah sesuai harapan. Setelah serangkaian hasil buruk, termasuk tersingkirnya Jerman dari babak grup Piala Dunia 2022, Flick dipecat pada tahun 2023. 

Barcelona Juga Perpanjang Kontrak Hector Fort

Di tengah hiruk-pikuk negosiasi untuk mendatangkan Flick sebagai pembimbing baru, Barcelona juga membikin langkah strategis dengan memperpanjang perjanjian bek muda Héctor Fort hingga tahun 2026. Pemain berumur 17 tahun ini telah tampil dalam 10 pertandingan tim utama sejak debutnya di awal musim, menunjukkan potensi besar nan diharapkan bakal menjadi pilar masa depan klub.

Keputusan untuk mempertahankan Fort menegaskan komitmen Barcelona terhadap pengembangan pemain muda berbakat. Fort telah memperlihatkan performa nan mengesankan, menunjukkan kematangan dan ketenangan nan jarang terlihat pada pemain seusianya.

Dengan kehadiran Flick, nan dikenal lantaran kemampuannya mengembangkan talenta muda dan mengimplementasikan strategi nan efektif, Barcelona bersiap untuk memasuki era baru nan penuh angan dan ambisi.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga