Gareth Southgate Bakal Coret Pemain Ini di Laga Terakhir Grup Euro 2024

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Tim nasional Inggris bakal melaju ke babak gugur Euro 2024 sebagai juara Grup C jika sukses mengalahkan Slovenia di Koln, Rabu (26/6/2024) awal hari WIB. Untuk mencapainya, pembimbing Gareth Southgate berambisi keputusannya jelang pertandingan membuahkan hasil positif. 

Timnas Inggris memulai kampanye Euro 2024 dengan kemenangan tipis 1-0 atas Serbia, diikuti oleh hasil seri 1-1 melawan Denmark. Pada dua laga itu, bek kanan Liverpool Trent Alexander-Arnold ditempatkan berbareng Declan Rice di lini tengah.

Namun, penelitian ini tidak memberi akibat signifikan dan memicu kritik. Merespon perihal tersebut, Gareth Southgate memutuskan untuk mengganti Alexander-Arnold dengan Conor Gallagher untuk pertandingan melawan Slovenia.

Gallagher, gelandang enerjik Chelsea, tampil mengesankan musim lampau dan sering menjadi kapten tim lantaran absennya Reece James. Berkat keahlian impresif itu, Gallagher juga menarik minat Tottenham Hotspur dan Aston Villa nan tertarik merekrutnya.

Keputusan Southgate untuk mencoret Alexander-Arnold dan memberikan kesempatan kepada Gallagher menambah antisipasi menjelang pertandingan terakhir grup. Fans Inggris berambisi perubahan ini membawa hasil positif dan membuka jalan bagi The Three Lions untuk melangkah lebih jauh di Euro 2024.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Kritik dan Pembelaan Terhadap Alexander-Arnold

Alexander-Arnold, meskipun menjadi salah satu pemain paling imajinatif Inggris melawan Serbia dan Denmark, dikritik oleh sejumlah pundit. Gary Lineker, Alan Shearer, dan Rio Ferdinand menyatakan penelitian lini tengah Alexander-Arnold gagal.

Namun, Declan Rice memihak rekannya dengan penuh semangat.

"Separuh negara menyerukan Trent untuk bermain di lini tengah, dan kemudian Anda memainkannya di lini tengah, dan kemudian Anda mau mencadangkannya. Saya tidak mengerti sama sekali," ujar Rice kepada ITV.

Rice menegaskan bahwa Alexander-Arnold adalah salah satu pemain terbaik nan pernah dia lihat dan bisa bermain di lini tengah.

Pendapat Ahli dan Opsi Lain

Mantan manajer Inggris, Sam Allardyce, mempunyai pandangan berbeda. Ia merasa bahwa mengandalkan Gallagher adalah sebuah kesalahan dan menyatakan bahwa sang pemain tidak punya level tinggi. Allardyce lebih menyarankan Southgate agar mempertimbangkan pemain lain seperti Kobbie Mainoo atau Adam Wharton.

"Kecepatan kerja Gallagher sangat bagus, tapi umpannya tidak cukup baik untuk menjaminnya di tim utama. Jika Gareth Southgate tetap terjebak dalam memainkan dua pemain di lini tengah, maka dia perlu memasukkan Jude Bellingham di sana lantaran dia bisa memainkan kedua peran tersebut," katanya.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga