Gara-gara Hal Ini, Nathan Tjoe A-On Dipuji Shin Tae-yong Jelang Play-off Olimpiade Lawan Guinea

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memuji pemain SC Heerenveen Nathan Tjoe-A-On jelang laga play-off Olimpiade 2024 melawan Guinea pada Kamis (9/5/2024) pukul 20.00 WIB. 

Dia menilai pesepak bola berumur 22 tahun itu mempunyai sikap nan baik lantaran berani membangun komunikasi di lapangan serta menegur rekannya andaikan terdapat perihal nan tidak sesuai selama pertandingan. 

Sekadar informasi, Nathan Tjoe-A-On sejatinya belum lama berasosiasi dengan skuad Garuda. Dia baru saja menyandang status WNI usai mengambil sumpah di Kanwil Kemenkumham pada Maret silam. 

Walau begitu, Nathan Tjoe-A-On langsung nyetel dan memainkan peran krusial saat memperkuat Garuda Muda dalam gelaran Piala Asia U-23 2024. 

Pesepak bola kelahiran 2001 apalagi nampak tak segan memberi komando pada rekan setimnya alias sesekali marah ketika ada perihal nan melangkah kurang baik. 

Sikap ini rupanya menuai sanjungan dari pembimbing Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. Pria asal Korea Selatan menilai positif perilaku Nathan lantaran dia dianggap bisa mengimbangi pemain lokal nan condong kurang berani berkomunikasi di lapangan.

Berita video komentar pembimbing Timnas Indonesia, Shin Tae-yong soal penampilan debutan anyar Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On saat Indonesia kalahkan Vietnam, Kamis (21/3/2024) malam WIB.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Komentar Shin Tae-yong soal Nathan Tjoe-A-On

"Soal Nathan, memang pemain kudu saling belajar. Tidak ada nan saling menyalahkan di lapangan. Paling krusial itu strategi bicara, pemain lokal terlalu diam," ucap Shin Tae-yong dalam konvensi pers jelang duel kontra Guinea pada Kamis (9/5/2024). 

"Tindakan Nathan sangat baik dan itu nan saya harapkan ke pemain. Akan tetapi, banyak pemain canggung dan merasa salah untuk menegur pemain lain." 

"Komunikasi di lapangan itu kudu baik dan kudu diasah terus," sambung ahli strategi nan pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.

Amunisi Garuda Muda Berkurang

Terlepas dari adanya sejumlah pemain bertalenta dalam tim, pembimbing Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong menilai situasi Garuda Muda kurang ideal jelang menghadapi Guinea di play-off Olimpiade Eropa.

Pasalnya, bentuk dan mental pemain telah terkuras usai tampil di gelaran Piala Asia U-23 2024. Belum lagi, Garuda Muda bakal kehilangan sejumlah amunisi. 

Justin Hubner dipastikan tak bisa memihak Timnas Indonesia U-23 lantaran tak dilepas oleh Cerezo Osaka, sementara kapten Rizky Ridho tetap menjalani larangan bermain akibat kartu merah. 

"Sebelum musuh Guinea, skuad kami kurang baik khususnya di lini belakang. Mungkin bisa dikatakan nyaris runtuh lini belakang saat ini," ucap Shin Tae-yong mengomentari kondisi Garuda Muda. 

"Jadi dengan skuad nan ada, kami kudu bekerja keras sampai akhir biar bisa bawa hasil nan baik," sambung ahli strategi asal Korea Selatan.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga