Faisal Basri Yakin Prabowo Pilih Menkeu Kompeten

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

CNN Indonesia

Jumat, 26 Jul 2024 20:00 WIB

Ekonom Indef Faisal Basri percaya presiden terpilih Prabowo Subianto tak bakal salah menunjuk menteri keuangan, ketua majelis komisioner OJK dan dan gubernur BI. Ekonom Indef Faisal Basri percaya presiden terpilih Prabowo Subianto tak bakal salah menunjuk menteri keuangan, ketua majelis komisioner OJK dan dan gubernur BI. (CNN Indonesia/Adi Ibrahim).

Jakarta, CNN Indonesia --

Ekonom senior Indef Faisal Basri yakin presiden terpilih Prabowo Subianto tak bakal salah menunjuk menteri keuangan, ketua majelis komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan gubernur Bank Indonesia (BI).

"Saya percaya orang seperti Prabowo adalah orang nan logis dan tidak bakal memberikan setidaknya sektor keuangan, (yakni) OJK, BI, dan Kementerian Keuangan kepada orang-orang nan tidak kompeten," jelasnya dalam Non-Bank Financial Forum 2024 di Jakarta Pusat, Jumat (26/7).

"Itu lebih percaya saya bisa. Saya bisa meyakinkan bapak ibu sekalian," tegas Faisal.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Prabowo memang tengah menyaring personil kabinetnya. Salah satu nan menjadi perhatian dan membikin penasaran adalah calon nan bakal mereka pilih untuk menjadi menteri keuangan.

Sejumlah nama mencuat menjadi calon menteri finansial Prabowo. Menurut sumber media asing Bloomberg mereka adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Royke Tumilaar.

Para sumber menjelaskan nama-nama itu dianggap paling cocok untuk posisi menteri finansial lantaran skill mereka di bagian finansial dan juga kepemimpinan nan efektif.

"Prabowo tidak bakal melibatkan posisi menteri finansial dalam tawar-menawar politik, lantaran dia memandang posisi itu berada di atas politik dan memerlukan ketajaman dalam mengelola anggaran," tambah para sumber.

Kendati demikian kata sumber itu, nama-nama itu bisa saja berubah. Sebab, obrolan pembentukan kabinet tetap berada dalam tahap awal.

[Gambas:Video CNN]

(skt/agt)

Sumber cnnindonesia.com
cnnindonesia.com