Euro 2024: Presiden Volodymyr Zelensky Jadi Motivator Ulung Ukraina Saat Bungkam Slovakia

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Ukraina membuka kesempatan untuk lolos ke babak 16 besar usai menang 2-1 atas Slovakia pada laga grup E Euro 2024 di stadion Dusseldorf Arena, Jumat (21/6/2024). Dua gol Ukraina dicetak Mykola Shaparenko di menit ke-54 dan Roman Yaremchuk (80).

Padahal bayang-bayang kekalahan kedua seperti terjadi lagi saat Ivan Schranz mencetak gol untuk Slovakia di menit ke-17. Untunglah semangat pantang menyerah Ukraina tetap menyala di lapangan.

Berawal dari umpan Oleksander Zinchenko, Shaparenko sukses melepas tembakan kaki kiri nan menusuk ke sisi kanan gawang Slovakia nan dikawal Dubravka. Shaparenko menjadi man of the match di pertandingan ini usai memberi assist untuk gol kedua nan dicetak Yaremchuk.

Sebelum pertandingan ini, Ukraina sepertinya sudah tenggelam usai kalah telak 0-3 dari Rumania di laga pertama. Namun rupanya pemain Ukraina tak larut dengan kekalahan.

Bahkan, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memberi motivasi langsung kepada skuad nan dilatih Serhiy Rebrov. Ini terbukti menjadi lecutan unik bagi pemain Ukraina nan mau menghibur penduduk nan sedang dilanda perang.

"Kunci kemenangan kami ialah semangat tim. Kami bicara dengan Presiden Ukraina hari ini. Dia memberi kami motivasi luar biasa. Anda tahu sungguh sulitnya situasi di negara kami, jadi kami kudu memberi intermezo kepada penduduk kami," kata striker Ukraina Roman Yaremchuk seperti dikutip UEFA.com.

Mulai dari Jerman tim pertama lolos ke 16 besar Euro 2024 hingga putaran terakhir PLN Mobile Proliga 2024, berikut sejumlah buletin menarik News Flash Sport Liputan6.com.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Komentar Pelatih Ukraina soal Kemenangan Krusial

Serhiy Rebrov juga mengaku senang dengan keberhasilan Ukraina petik kemenangan musuh Slovakia. Semangat seperti ini dibutuhkan dan pemain tunjukkan bisa bangkit usai kakalahan jelek musuh Rumania.

"Kami tampil jelek saat musuh Rumania. Namun pemain tunjukkan semangat berbeda kali ini dan layak meraih kemenangan," ujarnya.

"Kami kudu konsentrasi ke laga berikutnya, tapi nan pasti ini kemenangan krusial but tim dan negara kami."

Mykola Shaparenko Menjadi Man of The Match

Permainan Ukraina juga didukung oleh kecerdikan Mykola Shaparenko. Penempatan posisi nan tepat membikin dia sukses cetak gol sekaligus assist.

Shaparenko terpilih menjadi pemain terbaik lantaran peran ini. Toh, dia tak terlalu memikirkan torehan pribadinya itu.

"Saya hanya bisa bilang kalua kami belajar banyak dari kekalahan musuh Rumania. Itu membikin kami lebih siap di laga ini. Anda bisa memandang kekuatan mental kami, kami ikuti petunjuk pembimbing dan saya bangga soal itu."

Slovakia Belum Menyerah Kejar Tiket 16 besar

Dengan kekalahan ini, Slovakia turun ke posisi 3 di klasemen grup E Euro 2024. Toh pembimbing Slovakia, Francesco Calzona mengaku tak menyerah kejar 16 besar.

Slovakia bakal habis-habisan kejar tiket itu saat melawan Rumania di laga terakhir. Hasil seri setidaknya bisa bawa Slowakia lolos ke-16 besar.

"Ini duel sulit. Ada momen nan membikin saya puas, ada juga nan tidak," katanya.

"Saya senang dengan tim ini. Saya tak bisa salahkan ereka. Kami main bagus di babak pertama. Lawan kami punya kualitas hebat," dia menambahkan.

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga