Euro 2024: Gareth Southgate Beber Kunci Inggris Singkirkan Swiss Lewat Adu Penalti

Sedang Trending 3 bulan yang lalu

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris membuktikan keberuntungan tetap berpihak kepada mereka usai menang 5-3 lewat adu penalti musuh Swiss pada laga perempat final Euro 2024 di stadion Dusseldorf Arena, Sabtu (6/7/2024). Inggris sukses eksekusi seluruh penalti, sedangkan Swiss kandas lewat Manuel Akanji.

Duel kudu dilanjutkan adu penalti usai kedua tim seri 1-1 di waktu normal. Swiss unggul lebih dulu lewat Breel Embolo di menit ke-75.

Tapi Inggris menunjukkan tidak hanya beruntung, tapi juga punya kualitas. Mental kuat membikin mereka bisa samakan skor lewat tendangan keras Bukayo Saka di menit ke-80.

Mentalitas kuat itu ditunjukkan lagi saat adu penalti. Pelatih Inggris, Gareth Southgate pun membeberkan kunci kemenangan The Three Lions, julukan Inggris.

"Saya pikir para pemain memang brilian semua. Ini duel terbaik nan pernah kami mainkan. Kami menciptakan banyak masalah dengan bola," kata Gareth Southgate seperti dikutip UEFA.com.

"Mereka tim nan bagus, mereka susah ditekan dan juga susah memperkuat musuh mereka. Pergerakan mereka sangat bagus. Bangkit setelah tertinggal menunjukkan gimana karakter dan kegigihan kami. Jadi juara bukan hanya main bagus, tapi Anda kudu menunjukkan semua kemampuan."

Berita video gol tunggal Jude Bellingham bawa Timnas Inggris menang atas Serbia di Euro 2024. Bellingham pun langsung dapat banyak pujian dari rekan timnya.

* Follow Official WA Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Komentar Man of The Match Bukayo Saka

Man of The Match pertandingan Inggris melawan Swiss diraih oleh Bukayo Saka. Winger Arsenal ini cukup sering membuka kesempatan untuk Inggris.

Peluang terbaiknya tentu terjadi di menit ke-80. Dapatkan umpan dari Declan Rice, Saka langsung melepas tendangan melengkung nan susah dijangkau Yann Sommer.

"Saya suka tekanan saat ambil penalti. Anda terjatuh sekali, tapi saya tipikal orang nan mau langsung bangkit lagi. Saya tahu banyak orang, termasuk family saya nan tegang menonton penalti, tapi saya tetap tenang."

Penendang Penalti Inggris Lebih Meyakinkan

Sementara itu, Harry Kane mengomentari keberhasilan Inggris lewat adu penalti. Dia tidak ikut eksekusi penalti lantaran ditarik keluar oleh Gareth Southgate usai terjatuh di bench pemain Inggris.

"Ini duel susah lainnya dan pemain kembali tunjukkan bisa bangkit lagi. Gol dahsyat dari Bukayo Saka," kata Harry Kane.

"Penalti tetap penalti dan saya siap di pinggir lapangan. Kami percaya dengan siapa saja di lapangan. Perbedaan dibandingkan masa lalu, kami punya penendang penalti nan jitu."

Susunan Pemain Inggris vs Swiss

Inggris (3-4-2-1): Pickford; Walker, Stones, Konsa; Trippier, Mainoo, Rice, Saka; Bellingham, Foden; Kane

Swiss (3-4-2-1): Sommer; Schar, Akanji, Rodriguez; Ndoye, Freuler, Xhaka, Aebischer; Rieder, Vargas; Embolo

* Fakta alias Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran info nan beredar, silakan WA ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci nan diinginkan.

Sumber liputan6.com olaraga
liputan6.com olaraga